Komisi B DPRD Jatim Minta Satgas Pangan Pantau Harga Pasar

30 May 2017
74 times
Operasi stabilisasi harga cabe di Pasar Wonokromo yang digelar Perum Bulog Divre Jatim Operasi stabilisasi harga cabe di Pasar Wonokromo yang digelar Perum Bulog Divre Jatim Foto : MAA

Apakabar.co.id (Surabaya) – Gejolak harga kebutuhan pangan atau bahan pokok di pasar saat momen Ramadan dan Lebaran kerap mengalami kenaikan. Di satu sisi, Gubernur Jatim Soekarwo menegaskan stok pangan Jatim aman hingga lima bulan ke depan, sehingga potensi kenaikan harga bisa diminimalisasi.

Kendati demikian, Komisi B DPRD Jatim mendesak Satgas Ketahanan Pangan Polda Jawa Timur untuk bekerja ekstra dalam memantau harga pangan di pasar. “Stok dikatakan masih aman. Ini artinya tidak ada alasan jika sampai nanti ada kenaikan harga,” kata Anggota Komisi B DPRD Jatim, Agus Maimun, Selasa (30/5).

Ditambahkannya, Satgas Pangan ini bertugas memonitor dan mengawasi harga, ketersediaan, termasuk distribusi sembako. “Jika nanti ditemui ada yang melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET), Satgas harus segera mengambil tindakan,” tegasnya.

Jika terjadi penyimpangan, ia juga merekomendasikan pada Satgas agar memberi sanksi. “Harus diberikan sanksi tegas bagi pedagang atau distributor yang sengaja mempermainakn harga pangan. Bisa saja izin yang sudah dimiliki dicabut,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim, Anik Maslacha menambahkan, berdasarkan hasil pantauan setiap tahun terjadi kenaikan rata-rata sekitar 10 persen. “Semua sudah diantisipasi. Pihak Disperindag menyatakan stok ketersediaan sembako terpenuhi sampai Lebaran. Tapi kita akan lakukan sidak ke pasar-pasar untuk memastikan harga tidak mengalami kenaikan yang signifikan," katanya.

Untuk menjaga stabilitas harga, Disperindag Jatim juga telah dibuat Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Barang Pokok (Siskaperbapo) yang berbasis web di situs http://siskaperbapo.com/ dan android. Dengan sistem ini masyarakat bisa memantau harga sembako secara online dan realtime. (maa)

Rate this item
(0 votes)