Kadin Bondowoso Ajari Pemasaran Online Bagi UKM Produktif

28 Nov 2017
35 times
H Imam Soerodjo, Ketua Kadin Bondowoso usai memberikan sambutan dalam acara Bimtek bagi pengusaha mikro dan kecil H Imam Soerodjo, Ketua Kadin Bondowoso usai memberikan sambutan dalam acara Bimtek bagi pengusaha mikro dan kecil Foto : Muhlis

Apakabar.co.id (Bondowoso) - Untuk menambah wawasan dan pengalaman serta meningkatkan perekonomian masyarakat Bondowoso, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bondowoso memberikan bimbingan teknik (Bimtek) kepada sejumlah Usaha Kecil Mikro (UKM) di kantor Kadin Bondowoso, Selasa (23/11) pagi kemarin. Para pengusaha mikro dan kecil menengah itu diajari bagaimana melakukan pemasaran melalui pasar online yang saat ini sedang boomingnya di dunia industri.

Ketua Kadin Kabupaten Bondowoso, H Imam Soerodjo ketika dikonfirmasi mengemukakan bahwa pihaknya menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan mengirimkan sejumlah UKM produktif agar mereka bisa meningkatkan kapasitas mereka dalam mengembangkan usaha mereka.

"Ya, peserta yang ikut dalam bimtek ini adalah para UKM produktif yang telah dipilih oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Rata-rata peserta yang ikut adalah kaum wanita," ujar H. imam Soerodjo yang juga seorang pengusaha jasa konstruksi dan properti ini.

Menurut dia, inisiasi untuk memberikan bimtek kepada para UKM ini selaras dengan visi dan misi Kadin Bondowoso dalam rangka mengembangkan sektor usaha agar perekonomian di Bondowoso semakin baik.

"Kita memang memilih memberikan bimtek pemasaran online itu karena saat ini, dunia usaha sudah beralih dari yang tradisional menjadi pemasaran digital dan modern. Kita menangkap peluang ini sebagai bentuk tanggungjawab Kadin Bondowoso yang juga ingin memberikan andil besar dan membantu mensukseskan program Pemerintah yakni terwujudnya masyarakat yang beriman dan beradab," terangnya.

Soerodjo mengharapkan agar bimtek tersebut nantinya bermanfaat bagi semua yang mengikuti bimtek. Sehingga ke depan, mereka yang nantinya sukses menjalankan apa yang diperoleh dari pelatihan ini bisa mentransfer kepada pengusaha lain. "Tentu transfer pengetahuan ini nanti kami harapkan jika mereka yang ikut ini sudah bisa menjalankan bisnis online," jelasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah Zarkasyi yang sekaligus pemateri, hadir pulang beberapa pemateri yang memang kompeten dalam bidang pemasaran online. Dalam kesempatan itu, materi yang diberikan adalah materi pemasaran semisal memasarkan di OLX, buka lapak dan lainnya sekaligus memberikan perbedaan terkait pemasaran secara online itu.

Salah seorang peserta pelatihan itu, Maimunah mengatakan sangat apresiasi atas pelatihan tersebut, sebab, pelatihan usaha melalui online itu saat ini memang sangat dibutuhkan. Ke depan, ia mengaku akan memasarkan produk unggulan Bondowoso melalui media online.

"Ternyata memasarkan melalui media online itu lebih bagus. Tidak usah buka toko, tidak usah bayar namun tinggal bagaimana kita memiliki niat dan komitmen untuk mengembangkan dan memasarkan usaha itu menjadi lebih terarah dan lebih baik," tukasnya. (lis)

Rate this item
(0 votes)