Siapakah Mafia Tanah Paling Top Di Gresik? Inilah Jawabannya!

13 Mar 2016
13742 times
Abu Chairi Abu Chairi foto:ahy

Apakabar.co.id - Keluarga bos perumahan real estate Gresik, Haji Bisri Ilyas diduga kuat sebagai mafia tanah paling top di wilayah Gresik-Jawa Timur. Pada 2015 lalu, pria kelahiran 23 agustus 1936 jebolan pondok pesantren ini disebutkan mempunyai kekayaan yang sangat melimpah.

Menurut informasinya, Bisri memiliki komplek perumahan bhakti Pertiwi, Gresik Kota Baru (GKB), Pondok Permata Suci, Multi Sarana Plaza, Armada Bus Moedah, truk pengangkut semen CV Bumi Gresik, dan lainnya. Namun yang menjadi pertanyaan, dari mana awal kekayaan Bisri Ilyas?

Adalah Abu Chairi, putra ke enam dari pasangan almarhum Kohir P Abdoel Madjit dan almarhumah Aminah ini, pada 2013 pernah mendatangi mantan Kepala Desa Klangonan, Muhajir untuk menanyakan perihal tanah warisan dari almarhum Kohir.

Lanjut Abu, Dari cerita Muhajir diperoleh penjelasan bahwa almarhum Kohir dulu pernah menghibahkan tanahnya seluas 126 hektar kepada saudara Bisri Ilyas yang bernama Toha Ilyas. “Lalu menurut Muhajir, Bisri membeli tanah tersebut dari saudaranya,” kata Abu menirukan ucapan Muhajir.

Kontan saja, Abu yang sekitar tahun 70-an hijrah ke Kalimantan Timur dan kembali ke Gresik 2013 lalu ini heran dengan ucapan Muhajir. Pasalnya, tidak satupun keluarganya yang mendengar perihal hibah tanah dari ayahnya kepada Toha Ilyas. “Malahan, selama saya di Kalimantan Timur, ternyata di Gresik ini saya dianggap mati oleh Muhajir. Surat kematian saya ada pada Muhajir,” aku Abu.

Masih Abu, waktu adanya dugaan hibah tanah tersebut, kepala BPN Gresik namanya Pak Heru. “Beliau sampai pindah ke Bandung, entah mengapa. Dan saya tidak berani berandai-andai soal dugaan keterlibatan Heru sampai sejauh mana?” paparnya.

“Pernah suatu ketika anak saya yang bernama Rozi didatangi Rahmat Ridho, putra dari Bisri Ilyas. Mungkin bertujuan untuk melobi, tetapi Rozi menolak,” terang Abu.

Dari sinilah, tanah warisan alhamrhum Kohir akhirnya ditempati Semen Gresik, PT. Ispat Panca di Kawasan Industri Gresik (KIG), Perumahan Klangonan, Andalusia, Alam Giri, Petrochina Gas, Kantor Pajak Gresik, Gereja, mini market, SPBU, Dinas Perhubungan Gresik, Perumahan Alam Bukit Raya (ABR), perumahan Citi 9 dan lainnya.

Perlu diketahui, Kohir P Abdoel Madjit menikah dengan Aminah punya 7 orang anak. Pertama Choiriyah, kedua Ach Chusairi, Hj. Siti Asma adalah anak ketiga, Chotimah anak keempat, kelima Chamdan, Abu Chairi anak keenam, dan Marfuah paling bungsu. Aminah meninggal 20 mei 2008, sementara Kohir meninggal pada 1971. Ketujuh orang ini mempunyai keturunan dan total jumlahnya sekitar 26 ahi waris.

Sore tadi, Apakabar.co.id mencoba mengkonfirmasi rumah Bisri di Kawasan GKB, namun sayangnya rumah mewah itu dalam kondisi tertutup. (ahy)

Rate this item
(13 votes)