Di Sekitar Saluran Siluman Limbah Ada Ular Besar Panjang 12 Meter

20 Apr 2018
162 times
Lokasi saluran siluman yang mengarah ke Kali Surabaya Lokasi saluran siluman yang mengarah ke Kali Surabaya Foto : Wahyudiono

Apakabar.co.id (Surabaya) - Tim Patroli Air Jatim melakukan sidak di pabrik penyulingan minyak. Pabrik ini letaknya persis bersebelahan dengan bengkel dump truk PT Sinar Maju. Setelah tim yang dipimpin Ainul Huri, Bidang Penaatan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jatim masuk di lokasi pabrik, ternyata tidak ditemukan adanya aktivitas.

Bahkan menurut pihak perusahaan yang tidak menyebutkan namanya, karyawan mereka selama satu bulan hanya bekerja selama empat hari. Selebihnya, selama 26 hari, karyawan PT Sinar Maju terpaksa diliburkan. Alasannya, karena pabrik minyak ini menggunakan bahan dari kelapa, sehingga kalah bersaing dengan pabrik minyak yang menggunakan bahan dari Sawit.

Meski pihak perusahaan mengaku jarang melakukan aktivitas kerja, tim dari Garda Lingkungan akan terus memantau perusahaan ini. Pasalnya, di belakang pabrik ini diduga ada saluran tersembunyi atau lebih dikenal dengan istilah saluran siluman.

Didik Harimuko selaku Ketua Garda Lingkungan Jatim yang kebetulan ikut patroli air Jatim mengatakan kepada apakabar.co.id, biasanya dari saluran siluman ini, limbah cair B3 langsung dibuang ke sungai, tanpa diolah terlebih dahulu.

"Informasi dugaan adanya limbah cair B3 yang keluar dari belakang pabrik, saya dapat dari anggota Garda Lingkungan," aku Didik.

Tak lama kemudian, Didik berhasil menemukan saluran siluman tersebut, setelah dibantu oleh beberapa warga yang kebetulan sedang mancing ikan. Awalnya Didik juga merasa takut menuju lokasi saluran tersembunyi itu. Sebab menurut salah satu warga yang sering mancing di belakang pabrik itu, secara tidak sengaja pernah bertemu dengan ular berukuran besar.

"Di sebelah sana biasanya keluar limbah berwarna hitam dan menimbulkan bau tak sedap. Di sekitar tempat itu, ketika saya lagi mancing siang hari seperti sekarang ini, pernah melihat seekor ular berukuran besar dengan panjang sekitar 12 meter. Saking besarnya Ular itu, mungkin bisa memakan seekor Sapi. Kalau tidak salah namanya Ular Luwuk. Posisinya saat itu membentang, separuh tubuhnya berada di sungai dan separuhnya lagi melintang di darat. Tetapi saya tidak tahu kepalanya dimana, apakah di sungai atau sebaliknya di darat. Karena itulah saya sudah kapok, tidak berani mancing di tempat sekitar itu lagi, cukuplah di sini saja. Coba anda ke sana, teman saya itu kebetulan ada di sana," kata warga yang enggan menyebut namanya, sembari memanggil temannya. (ono)

Rate this item
(0 votes)