Menteri LHK Utus Sekjen Kawal KSI II Jawa Timur

25 Aug 2016
174 times
Pokja KSI II Jatim saat bertemu dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta Pokja KSI II Jatim saat bertemu dengan Menteri LHK Siti Nurbaya di Jakarta Foto : Dok KSI II

Apakabar.co.id (Jakarta) – Perhelatan Kongres Sungai Indonesia (KSI) II Jawa Timur kembali mendapatkan dukungan. Jika Selasa (23/8) lalu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono siap mendukung KSI II, kini giliran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya juga memberikan dukungan yang sama.

“Bu Menteri (Menteri LHK) menyatakan dukungan langsung untuk pelaksanaan KSI II di Selorejo, 23-27 September 2016. Beliau menugaskan Sekjen Kementerian LHK, Bambang Hendroyono untuk membantu menyukseskan acara,” kata Ketua Pokja KSI II Jatim, Kresno Budi usai audiensi dengan Menteri LHK di Jakarta, Kamis (25/8).

Ia menjelaskan, salah satu dukungan Menteri LHK dalam pelaksanaan KSI II yakni ia bersedia menjadi keynote speaker dalam seminar bertema Lifestyle Sungai. Sedangan Menteri PUPR akan menjadi keynote speaker dalam seminar bertema infrastruktur sungai.

Disinggung mengenai kepastian kehadiran Presiden RI, Joko Widodo dalam kegiatan di Selorejo itu, Kresno belum bisa memberikan jawaban. “Soal RI1 (Presiden Jokowi) saat opening KSI II diurus oleh pihak Sekretariat Nasional (Setnas) KSI di Semarang Jawa Tengah. “Kami dari Pokja KSI II masih fokus menyiapkan dan memfasilitasi kegiatan dan tempatnya,” ujarnya.

Selanjutnya, Tim Pokja KSI II Jatim akan menggelar rapat koordinasi pada Senin (29/8) dengan mengundang panitia, Setnas KSI, Perum Jasa Tirta I selaku pihak pengelola Bendungan Selorejo dan Perum Perhutani. Rapat tersebut, kata dia, difokuskan untuk konsolidasi persiapan kegiatan di Sleorejo.

Pada hari Selasa (30/8), pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Pemprov Jawa Timur. “Selasa besok kita rapat dengan Bappeda di kantor Pahlawan dan dihadiri pula SKPD Pemprov Jatim yang terlibat di KSI II seperti Dinas PU Pengairan, BPBD, Biro SDA dan beberapa SKPD lain,” katanya.

Seperti diketahui, sedianya KSI II bakal digelar 20-24 Agustus 2016 di Selorejo. Namun kendala teknis membuat panitia membuat perubahan waktu dan tempat, yakni di Bendung Serut Blitar tanggal 23-27 September 2016. Kini keputusan final pun diambil, yakni pelaksanaan kembali digelar di Selorejo, 23-27 September mendatang.

Kresno menjelaskan, perubahan dari Blitar kembali ke Selorejo merupakan permintaan langsung dari Menteri PUPR. Untuk koordinasi dengan Pemkab Blitar terkait batalnya acara di Bendungan Serut juga sudah sepengathuan Bupati Blitar. “Kami bahkan telah menerima surat tertulis dari Blitar yang menyatakan tidak sanggup menjadi tuan rumah. Jadi kita pastikan hanya di Selorejo,” tukasnya. (maa)

Rate this item
(0 votes)