Kids Play, Wahana Edukasi dan Permainan Anak di Surabaya

26 Aug 2016
16165 times
Sambil berenang dan bermain air anak-anak juga bisa bermain wahana ketangkasan air Sambil berenang dan bermain air anak-anak juga bisa bermain wahana ketangkasan air Foto : MAA

Apakabar.co.id (Surabaya) - Bagi masyarakat Jawa Timur, khususnya Kota Surabaya kerap menghabiskan masa libur akhir pekan dan libur panjnag untuk berwisata. Rata-rata tujuan wisata keluarga di Jawa Timur yakni di Kota Batu. Namun, kini bagi anda warga Surabaya atau yang sedang berkunjung ke Surabaya bisa mencoba tempat rekreasi baru, yakni Kids Play.

Wisata bagi anak yang baru di-soft launching, Kamis (25/8) tersebut berada di satu lokasi dengan Suroboyo Carnival, yakni di dekat Bunderan Waru belakang Korem perbatasan Surabaya-Sidoarjo. Wahana yang disajikan juga cukup banyak. Mulai dari replikasi belajar beternak domba, sapi, dan ayam. Anak juga diajarkan mengenai perdagangan dengan replika pasar tradisional hingga dapur memasak.

Untuk pendekatan scientific atau ilmu pengetahuan, Kids Play juga mengenalkan replika patung manusia dan kerangka manusia hingga video mengenai anatomi tubuh manusia. Pelbagai wahana permainan untuk mengasah motorik anak seperti halang rintang hingga ruang labirin juga menambahkan keseruan berlibur bagi anak.

Secara lengkap, wahana edukatif scientific dibagi menjadi enam zona. Pertama yakni The Garden, di mana anak-anak dapat menjalankan peran sebagai pembeli hingga kasir. Selain itu anak-anak bisa belajar memerah sapi, mencabut bulu domba dan beragam aktivitas yang keseluruhannya menggunakan replika dari plastik.

Kedua, terdapat wahana My Body dengan menjelsakan anatomi tubuh masnusia denfgan dilengkapi multimedia touch screen. Disediakan pula video mapping manekin, juga sensor yang dihubungkan dengan video, sehingga bisa muncul visual wajah anak di depan sensor namun tubuhnya tampak tulang saja.

Ketiga yakni wahana Ethics yang dapat menjadi media pembelajaran anak seputar etika. Beberapa permainannya seperti bermain di pohon pengetahuan yang baik dan buruk, serta membedakan sampah organik dan anorganik.

Keempat yakni wahana sosial yang mengajarkan permainan seperti aplikasi snap chat. Bedanya, aplikasi bisa menampilkan wajah anak-anak dengan pakaian daerah, menyusun puzzle serta penjelaskan mengenai nasi dari proses menumbuk padi dengan alu hingga menjadi beras. Untuk wahana kelima yakni toddler sebagai tempat bermain bagi anak-anak dan ketujuh yakni Art Clas berupa zona dengan fasilitas kelas face painting, nail art, dan coloring.

Namun satu hal yang bakal menambah keseruan dalam berlibur, yakni adanya wahana air berupa water park indoor (dalam ruangan) pertama di Surabaya. “Kami sengaja membuat water park indoor. Mungkin ini juga yang pertama kali di Surabaya biar anak bisa bermain air siang hari tanpa takut kulitnya gosong,” kata Direktur Utama Suroboyo Carnival, Edwin Nafarin.

Waterpark di Kids Play menyajikan pengalaman berbeda. Di area ini anak-anbak seakan diajak masuk ke dalam dunia bawah laut di mana di dalamnya terdapat ubur-ubur dan berbagai ikan terbang. Untuk total luas zona waterpark yang menggunakan kolam dari balon udara raksasa ini dipasang dilahan seluas 600 meter persegi.

Area ini terdiri dari inflatable pool kolam renang yang dirancang khusus untuk anak-anak. Selain itu ada area outbound air dan softlpay bagi anak-anak. Usai bermain air, anak-anak juga bisa menikmati berbagai wahana lain yang tersedia di zona motorik, seprti Rumah Kinclong dan Family Fun House.

Dalam wahana rumah kinclong terdapat ruang gelap yang diberikan kaca dan lampu dengan banyak ruangan dan pintu yang harus dilintasi. Rute menjadi sangat panjang karena dibuat berliku-liku dan cukup menguji adrenalin dan ketangkasan anak.

Sedangkan wahana Family Fun House yakni permainan ketangkasan dengan halang rintang sebanyak 30 rintangan. Namun permainan yang cukup emnantang dengan ketinggian lebih dari 10 meter ini hanya diperkenankan bagi anak di atas 12 tahun.

Bagi orang tua yang ingin merayakan ulang tahun anaknya juga disediakan fasilitas Birthday Room. Dalam ruangan yang bisa menampung hingga ratusan anak ini juga disewakan bagi pengunjung dengan minimal undangan 50 anak dengan tiket undangan Rp 90 ribu per anak. Bagi anak-anak yang diundang ulang tahun juga bisa menikmati seluruh fasilitas Kids Play.

Untuk bisa masuk ke lokasi Kids Play, anda hanya cukup membeli tiket seharga Rp 40 ribu per anak dan Rp 20 ribu bagi orang dewasa atau pengantar. Bagi anda yang ingin liburan lebih lengkap juga bisa membeli tiket terusan seharga Rp 90 ribu (weekend) dan Rp 80 ribu (weekday), maka anda dapat menikmati wahana di Kids Play serta seluruh fasilitas di Suroboyo Carnival yang lokasinya satu areal di Jalan A.Yani No 333 Surabaya. (maa)

Rate this item
(5 votes)