Puluhan Siswa SMK Mengeluh Dipersulit Saat Ambil Ijazah Asli

31 Aug 2016
206 times
Para siswa SMKN 1 Kota Mojokerto Para siswa SMKN 1 Kota Mojokerto Foto : Khilmi

Apakabar.co.id (Mojokerto) - Puluhan siswa lulusan SMKN 1 Kota Mojokerto dibuat kecewa dengan manajemen sekolah ketika hendak mengambil ijazah kelulusan pada tahun pelajaran 2015/2016. Itu tak lepas dengan dipersulitnya sebagian lulusan kelas tiga untuk mengambil ijazah lulus, jika tak digunakan untuk melamar kerja atau kuliah.

Ini seperti diutarakan Dimas (17), lulusan SMKN 1 jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR). Dia memang datang ke sekolah untuk mengambil ijazah karena ingin melamar kerja di minimarket. "Dari perusahaan yang saya lamar, memang butuh ijazah asli sebagai persyaratan melamar," ujarnya, Selasa (30/8).

Dia menilai, lulusan sekolah itu hanya bisa mendapat ijazah asli, ketika digunakan melamar kerja atau akan melanjutkan kuliah. Sedangkan ketika lulusan hanya ingin mendapat ijazah asli tanpa ada rencana melamar kerja atau melanjutkan studi, maka lulusan itu hanya mendapat fotokopi ijazah dengan legalisir saja. "Saya juga tak tahu kapan ijazah asli diberikan pada semua lulusan. Memang dibedakan, mana yang ijazah untuk melamar kerja dan yang untuk disimpan di rumah," katanya.

Seorang lulusan lain, Syaiful Anam (17) menuturkan, dia memang datang ke sekolah untuk mengambil ijazah asli. Namun dari pihak sekolah hanya memberikan fotokopi ijazah dengan legalisir. Ketika ditanyakan penyebab tak bisa dapat ijazah asli, sekolah menjelaskan bahwa itu bisa keluar jika digunakan untuk melamar pekerjaan. "Padahal saya sudah memenuhi persyaratan untuk mendapatkan ijazah asli, seperti cap tiga jari," kata remaja dari jurusan multimedia ini.

Dia mengaku tak habis pikir dengan kebijakan sekolah itu. Meskipun tak digunakan untuk melamar kerja, namun dia membutuhkan ijazah asli itu untuk disimpan dulu di rumah. Kalau memang ada lowongan kerja, dia bisa menggunakan ijazah asli itu untuk melamar. "Saya memang butuh ijazah asli karena memang itu hak saya. Selain itu, ijazah asli ini bisa dipakai untuk melamar kerja," katanya. (imi)

Rate this item
(0 votes)