Ini Penyebab Sidang Komisi V KSI lll Banjarmasin Sempat Memanas

02 Nov 2017
112 times
Para peserta sidang komisi V KSI lll Banjarmasin Para peserta sidang komisi V KSI lll Banjarmasin Foto : Maa

 

Apakabar.co.id (Banjarmasin) - Kongres Sungai Indonesia (KSI) diselenggarakan setiap satu tahun sekali dan diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia. Di Banjarmasin Kalsel adalah yang Ke-lll, sedangkan sebelumnya Banjarnegara menjadi tuan rumah KSI Ke-I, kemudian Malang Jatim menjadi penyelenggara KSI Ke-ll.

KSI di Banjarmasin ini mendapat perhatian penuh dari Pemkab Banjarmasin dan Pemprov Kalsel. Hal ini dapat terlihat dari fasilitas yang disediakan oleh tuan rumah cukup mewah dari pada kongres sebelumnya.

Hal ini diakui oleh banyak peserta kongres, terutama ketika dibahas dalam sidang komisi V bertempat di Sanggar Banua gedung eks Kantor Gubernur Kalsel, dimana saat salah satu peserta mengusulkan satu poin kesepakatan sidang yang berbunyi mengevaluasi hasil kinerja KSI l dan ll.

Kontan saja suasana menjadi memanas, lantaran eks panitia KSI Ke-ll, Akbar merasa keberatan dengan poin tersebut. Namun setelah diperjelas tujuan menelurkan poin itu, akhirnya suasana menjadi terkendali.

Sebelumnya suasana memanas di komisi V juga terjadi. Penyebabnya adalah Daeng Muji, peserta dari Makasar tidak setuju dengan teknis dalam kongres itu sendiri. Ia juga ingin duduk satu meja dengan presidium KSI sebelum melanjutkan kongres.

Penyampaian Daeng Muji ini dianggap tidak layak oleh Gunawan Agus Wibisono selaku Sekjen Kongres yang saat itu berada di tengah forum. Bahkan Gunawan sempat mengusir Daeng Muji, jika tidak setuju dengan aturan kongres. Beruntung, suasana memanas tersebut akhirnya dapat diredam. (Ono)

Rate this item
(0 votes)