IPAL Bocor, Limbah Cair PT Adiprima Cemari Sungai

27 Nov 2017
71 times
Tim Patroli Air mengambil sampel limbah dari outlet IPAL PT Adiprima Tim Patroli Air mengambil sampel limbah dari outlet IPAL PT Adiprima Foto : Maa

 

Apakabar.co.id (Gresik) - PT. Adiprima siang tadi disidak oleh tim patroli air gabungan. Pasalnya, limbah cair perusahaan pembuat kertas koran di Desa Sumengko, Kec Wringinanom ini diduga mencemari sungai.

Diduga, penyebab pencemaran sungai ini karena adanya kebocoran pada Instalasi Pembuangan Air Limbah (IPAL). Hal diketahui pada sidak patroli air sebelumnya.

Adalah Edi, karyawan PT Adiprima awalnya mengaku kepada tim patroli gabungan, bahwa kebocoran itu sudah diperbaiki. Namun, setelah dilihat langsung di lokasi, ternyata kebocoran IPAL tersebut belum diperbaiki.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Prov Jatim, Diah Susilowati yang ikut terjun langsung di lokasi mengatakan, dari hasil uji tim patroli air sebelumnya diketahui bahwa CoD lebih 1200 miligram perliter.

"Jauh di atas baku mutu. Luar biasa, berarti ada kejadian . Ternyata betul, setelah kita masuk ternyata ada kebocoran, sekitar hampir dua bulan lamanya," terang Diah, yang diamini oleh Imam Rochani selaku Direktur Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH).

"Dengan adanya hal ini, diduga perusahaan tidak memperdulikan. Kita akan undang perusahaan untuk komitmen perbaikan IPAL, dan tentunya ada sanksi administratif berupa surat teguran atau SP 1," tegas Diah.

"Jika masih tidak menghiraukan SP1, maka dua bulan kemudian ada SP2, dan selanjutnya ada sanksi pidana. Makanya harus berhati-hati, perusahaan harus melaporkan kebocoran baik pada DLH kabupaten maupun provinsi," imbuhnya. (ono)

Rate this item
(0 votes)