Gunungan Sampah Limbah PT Adiprima Cemari Sumur Warga

28 Nov 2017
53 times
Gunung sampah plastik di Wringinanom Gresik Gunung sampah plastik di Wringinanom Gresik Foto : Wahyudiono

Apakabar.co.id (Gresik) - Tim patroli air gabungan kemarin siang sempat dikagetkan dengan ulah Tutut. Warga Desa Sumengko, Kec Wringinanom Kab Gresik ini nekat menghadang tim patroli air usai sidak di PT Adiprima Suraprinta (27/11).

"Ada apa ini kok ramai-ramai?" tanya Tutut, karena penasaran melihat rombongan tim patroli air kelompok darat yang menggunakan empat mobil.

Setelah mendapat penjelasan dari tim patroli, barulah Tutut menyampaikan uneg-unegnya. "Begini pak, saya warga sini. Rumah saya itu di sebelah sana," pria tinggi besar ini memulai pembicaraan.

Menurut Tutut, hampir semua warga Desa Sumengko merasa terganggu dengan keberadaan sampah dari PT Adiprima. "Karena bagi kami tidak ada untungnya, dan limbah tersebut sangat berbahaya bahkan mencemari sumur. Akibatnya, air sumur warga sekitar tidak layak untuk digunakan semestinya," protesnya.

Diakui Tutut, warga hanya dibantu lampu penerangan jalan, dan air sumur diganti dengan air tandon, serta ada sarana bermain. "Tapi kami rasa itu semua tidak baik bagi kami," ujarnya.

Dikatakannya, limbah itu dikelola oleh seorang bernama Bilal, "Namun entah milik siapa lahan yang di atasnya terdapat gunungan sampah tersebut. Tapi nanti akan saya cari tahu pemiliknya. Intinya, warga merasa tidak setuju dengan sampah-sampah yang juga tak elok dipandang itu," tandasnya.

Sementara Komandan Garda Lingkungan, Didik Harimuko yang saat itu juga bertatap muka langsung dengan Tutut, ikut angkat bicara. "Begini pak, untuk sementara ini laporan bapak kami tampung. Tetapi nanti bapak juga harus melaporkan secara tertulis kepada DLH Provinsi," tegas Didik.

Kadis DLH Prov Jatim, Diah Susilowati kepada apakabar.co.id mengaku sempat kaget adanya gunungan sampah di wilayah Desa Sumengko. "Jika ada warga yang mengadu masalah lingkungan, silahkan menyampaikan pengaduan langsung kepada DLH Jatim," pintanya. (ono)

Rate this item
(0 votes)