Hari Cinta Puspa dan Satwa Digelar di Taman Safari Indonesia II

28 Nov 2017
44 times
Asisten II Setdaprov Jatim, Fattah Jasin Asisten II Setdaprov Jatim, Fattah Jasin Foto : Dok DLH Jatim

Apakabar.co.id (Pasuruan) – Momen peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) 2017 diperingati oleh Pemprov Jawa Timur di Taman Safarai II Prigen, Pasuruan. Dalam peringatan tersebut, tema yang diambil yakni Mendekatkan Manusia dengan Alam dan Alam dengan Manusia.

“Hari Cinta Puspa dan Satwa ini menjadi momen untuk bisa mendekatkan manusia dengan alam dan alam dengan manusia. Mudah-mudahan dengan peringatan ini bisa menggugah hati kita selaku pemerhati lingkungan agar kondisi alam bisa lebih baik terutama dari ranah pendidikan lingkungan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jatim, Diah Susilowati selaku Ketua Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Provinsi Jawa Timur, Selasa (28/11).

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Jatim, Fattah Jasin menuturkan, peringatan HCPSN menjadi momentum untuk memberikan keseimbangan dalam mengelola lingkungan di Indonesia dan Jatim khususnya. “Karena masyarakat di Indonesia dan di Jatim khususnya butuh kesejahteraan dari pembangunan. Tapi juga butuh keseimbangan lingkungan hidup yang baik,” jelas Fattah.

Hal itu, kata dia, menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah dan masyarakat. Ia menjelaskan, seperti yang disampaikan oleh ustad dalam Al Quran surat Al Baqarah yakni manusia, hewan, dan tumbuhan itu merupakan tanda kekuasaan Allah.

“Kita wajib memperhatikan lingkungan semua tanpa kecuali. Ini adalah ibadah. Semoga semua yang hadir di sini akan masuk surga,” ujar mantan Kepala Bappeda Jatim tersebut disambut tepuk tangan ratusan peserta yang hadir.

Fattah menambahkan, pembangunan dan perekonomian memang sangat butuh media alam. Kendati demikian, lanjut dia, segala kebijakan pemerintah juga harus sesuai dengan UU dan kaidah serta aturan yang menyangkut lingkungan hidup.

“Bahwa manusia wajib menjaga semua isi alam itu benar. Pak Gubernur (Soekarwo) juga menyampaikan terima kasih. Mudah-mudahan lebih semangat menjadi penggerak di lapangan menjaga lingkungan kita bertambah baik demi ekosistem yang terus berlanjut,” tukasnya. (maa)

Rate this item
(0 votes)