Usai Bersihkan Sampah Sungai Pelayaran, Mahasiswa Ini Tak Mampu Bayar Truk Sampah

10 Feb 2018
38 times
Mahasiswa Umaha Sidoarjo saat bersihkan Kali Pelayaran tahun 2017 Mahasiswa Umaha Sidoarjo saat bersihkan Kali Pelayaran tahun 2017 Foto : Maa

Apakabar.co.id (Sidoarjo) - Peringatan Hari Air sedunia jatuh pada 22 Maret. Untuk itu, Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH), Garda Lingkungan dan mahasiswa Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha) Sidoarjo melakukan persiapan peringatan Hari Air sedunia, agar kejadian memalukan di tahun 2017 lalu tidak terulang lagi.

Seperti diketahui, tahun lalu KLH, Garda Lingkungan bersama mahasiswa Umaha dan pelajar yang peduli terhadap lingkungan menggelar serangkaian acara memperingati Hari Air sedunia. Acara tersebut di antaranya adalah lomba mewarnai dan menggambar untuk tingkat PAUD, TK dan SD.

Selain itu ada penanaman bibit pohon di pinggiran sungai, bersih-bersih sampah di sungai pelayaran, tebar benih ikan serta serangkaian acara seremonial. Mungkin muncul pertanyaan, mengapa harus membersihkan sampah di sungai pelayaran? Karena sampah di Sungai Surabaya di antaranya banyak berasal dari sungai Pelayaran.

Menurut Dinda Mayanti, mahasiswi Umaha bahwa teman-teman dari universitas lain serta pelajar SLTA dan SLTP juga ikut mencebur ke sungai untuk membersihkan sampah. "Saya salut, karena mereka tidak merasa jijik sedikitpun. Padahal ada sampah seperti bangkai, bekas pembalut dan lainnya," tuturnya.

"Sebagian sampah itu terpaksa kami taruh di belakang kampus. Karena kami tidak mampu membayar biaya seperti yang diminta oleh oknum sopir Dinas Kebersihan Sidoadjo," urainya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Diah Susilowati merasa kagum sekaligus terharu dengan kepedulian pelajar ini terhadap kebersihan lingkungan. "Nanti kami akan meminta bantuan DLH Sidoarjo serta dinas kebersihan. Nanti akan kami upayakan kantong sampah dan juga truk pengangkut sampah," tegas Diah, diamini bagian penanganan sampah DLH Jatim.

Menurut Diah, pihaknya juga mempersiapkan diri untuk peringatan Hari Sampah sedunia tepat pada 21 Februari nanti. (ono)

Rate this item
(0 votes)