Korban Banjir dan Longsor Pacitan Terdata Delapan Orang

28 Nov 2017
29 times

Apakabar.co.id (Pacitan) - Bencana banjir dan tanah longsor terjadi di wilayah Kab Pacitan hingga kini belum dapat tertangani dengan amksimal. Dari bencana tersebut diketahui korban terdata sekitar delapan orang dengan rincian korban longsor lima orang dan tiga lainnya menjadi korban banjir.

"Ada dua kejadian bencana yakni longsor yang terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari dan banjir terjadi pukul 08.00 WIB pagi tadi di Desa Klesem, Kec Kebonagung. Korban dari laporan warga saat kejadian hingga pukul 12.57 WIB ada delapan orang," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombespol Frans Barung Mangera, Selasa (28/11) siang.

Untuk korban bencana longsor ada lima orang dari satu keluarga atau satu rumah dan satu berhasil selamat atas nama Bilal. Sedangkan empat korban yang masih tertimbun longsor di dalam rumah yakni atas nama Kesi, Parno, Rozak, dan Kasih.

Sementara korban banjir dari tiga orang, satu korban meninggal ditemukan atas nama Hartini warga Pacitan usia 51 tahun. Sedangkan dua korban banjir yang belum ditemukan, yakni Eko warga Blitar usia 41 tahun dan Amri Suwartono warga Pacitan usia 24 tahun.

Barung menjelaskan, saat ini kondisi jalan menuju lokasi bencana masih sulit untuk dilalui. "Alat berat tidak bisa masuk ke lokasi. Anggota yang bisa masuk ke lokasi bencana hanya satu orang bhabinkamtibmas dari Polres Pacitan," tuturnya.

Kondisi medan yang sulit dijangkau, kata dia, juga berdampak pada sulitnya akses komunikasi. "Anggota kami sudah mencoba masuk ke lokasi namun tidak ada akses untuk jaringan komunikasi," ungkapnya.

Hingga kini, proses evakuasi masih dilakukan dan dipimpin oleh Kapolres Pacitan, AKBP Suhandana Cakrawijaya. Polda Jawa Timur sejak, Senin (28/11) pagi mulai menerjunkan 180 personel polisi dalam membantu proses evakuasi bencana banjir dan longsor di Pacitan. Dari ratusan personel tersebut, 100 personel dari Polres Pacitan dan jajaran sekitarnya dibantu 80 personel dari Brimob Polda Jatim.

"Anggota sudah merapat ke lokasi di di Desa Klesem, Kec Kebonagung. Namun anggota saat ini masih berupaya untuk bisa masuk ke lokasi bencana. Anggota jajaran Polres sudah dibriefing Kapolres Pacitan, AKBP Suhandana Cakrawijaya sambil menunggu l terbukanya jalan raya penghubung menuju lokasi bencana tanah longsor," kata Barung.

Selain anggota Polri, lanjut dia, yang sudah bersiap membantu evakuasi sudah mulai bersiap di dekat lokasi. Di antaranya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pacitan sebanyak 30 orang, dari Kodim 0801 Pacitan 40 personel, dari Dinas Kesehatan Pacitan 15 personel dan tim relawan 50 personel.

"Seluruh tim dari Polri, TNI, BPBD belum bisa masuk lokasi bencana. Untuk lokasi banjir sudah dipantau namun lokasi longsor masih tertutup," tuturnya. (maa)

Rate this item
(0 votes)