Hari Juang Kartika ke-72 Ingatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat

15 Dec 2017
36 times
Hari Juang Kartika ke-72 Ingatkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat Foto : MAA

Apakabar.co.id (Surabaya) – Peringatan Hari Juang Kartika (HJK) ke-72 digelar di Lapangan Makodam V Brawijaya, Jumat (15/12). Acara diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) V Brawijaya Mayjend TNI Arif Rahman dan dihadiri Gubernur Jatim, Soekarwo serta Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin. Dalam upacara tersebut, sebanyak 1.544 prajurit TNI AD dari berbagai kesatuan mengikuti upacara.

Dalam sambutan KSAD yangd dibacakan Mayjen Arif mengingatkan akan pentingnya pertempuran Palagan Ambarwa pada Hari Juang Kartika tahun 2017. “Palagan Ambarawa adalah simbol kemanunggalan TNI AD dan rakyat Indonesia,” jelasnya.

Hubungan antara TNI AD dan rakyat, kata dia, bukanlah sebatas hubungan profesionalitas belaka, namun lebih dari itu. “TNI AD memiliki hubungan biologis dengan rakyat,” tegasnya.

Menurutnya, TNI lahir dari rakyat, sehingga setiap langkahnya senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Sebaliknya, lanjut dia, rakyat adalah pendukung dan penguat perjuangan TNI AD dalam setiap tugas yang diemban.

Ke depan, TNI AD berkomitmen untuk mendukung program pemerintah di antaranya mewujudkan Indonesia pintar dan membantu terwujudnya Indonesia sejahtera.

Mantan Gubernur Akmil tersbeut juga menjelaskan, dalam rangkaian HJK ke-72, pihaknya juga telah menggelar berbagai kegiatan bakti sosial seperti donor darah, khitanan massal dan operasi katarak.

Bahkan, Kodam V Brawijaya juga melakukan pembangunan rumah tidak layak huni korban banjir di Kabupaten Pacitan dengan kerahkan 850 personel untuk membangun 500 rumah yang ditargetkan selesai tanggal 23 Desember mendatang.

Tak hanya di Pacitan, lanjut Arif, TNI AD bersama PLN juga mengadakan penyambungan instalasi listrik di Dusun Kedung Dedeng , Jipurapah Kab Jombang. Selain itu, rangkaian kegiatan yang lain adalah lomba lari 10 kilometer di Trowulan, Mojokerto, sholawatan di lapangan Makodam V/Brawijaya yang di ikuti TNI, Polri, Forkopimda Jatim, Tokoh Agama danTokoh Masyarakat, karya bhakti pembersihan kampung, saluran air dan fasilitas umum serta pemberian sembako untuk para veteran, wara kawuri dan warga masyarakat yang kurang mampu.

"Nanti malam (Jumat 15/12, red) kami akan menggelar hiburan di lapangan Makodam dan tanggal 17 Desember nanti ada kegiatan Fun Bike delapan penjuru angin," tukas perwira tinggi dengan dua bintang di pundaknya tersebut. (maa)

Rate this item
(0 votes)