6.565 Botol Miras Hasil Operasi Sikat II Semeru Dimusnahkan

21 Dec 2017
38 times
6.565 Botol Miras Hasil Operasi Sikat II Semeru Dimusnahkan Foto : MAA

Apakabar.co.id (Surabaya) - Jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jatim melakukan pemusnahan miras (minuman keras). Pemusnahan sebanyak 6.565 botol dipimpin langsung oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin bersama Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman dan Kajati Jatim, Maruli Hutagalung.

"Miras yang kita musnahkan ini hasil upaya preventif melalui operasi kemarin (Operasi Sikat II Semeru). Kemarin juga banyak preman yang kita tangkap. Ini untuk memastikan agar Jawa Timur kondusif dan aman," kata Kapolda, Kamis (21/12).

Ia menjelaskan, bahaya miras ini bisa sampai menghilangkan nyawa. Bahkan ia juga memastikan jika sopir yang mengonsumsi miras lebih rawan mengalami kecelakaan.

"Sepeti kasus di Citraland. Kecelakaan itu karena pengemudi mobilnya mabuk. Semua sopir juga kita imbau tidak usah mengonsumsi miras. Kalau mau mati sendiri gak apa-apa. Tapi jangan ngajak orang lain (penumpang) yang jadi korban sampai meninggal dunia," jelasnya.

Dalam pemusnahan miras itu, Kapolda sengaja mengundang Kajati Jatim. Hal itu untuk memastikan berkas kasus yang ditangani Polda Jatim untuk selanjutnya bisa diproses pihak kejaksaan.

"Kalau penyidikan sudah selesai, berkas tidak kita kirimkan ke Kodam atau Gartap. Berkas kita kasih ke kejaksaan. Dengan dihadiri Kajati, setidaknya ke depan berkas bisa segera diproses tidak perlu sampai P19 (berkas penyidikan kurang lengkap dan dikembalikan dari kejaksaan ke penyidik Polri)," tuturnya. (maa)

Rate this item
(0 votes)