Ratusan Mahasiswa Disandera Teroris Di Atas KRI Banjarmasin 592

21 Dec 2017
100 times
Ratusan Mahasiswa Disandera Teroris Di Atas KRI Banjarmasin 592 Foto : Dispen Armatim

Apakabar.co.id (Surabaya) - Peristiwa tak terduga terjadi di atas KRI Banjarmasin 592. Ratusan mahasiswa yang belajar bela negara tiba-tiba disandera oleh dua orang teroris saat berada di Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Kamis (21/12).

Sejumlah prajurit Intai Amfibi (Taifib)-1 Marinir bergerak cepat dengan menggunakan sea reader yang merupakan sarana angkut tempur. Pasukan Taifib langsung merapat di lambung kiri KRI BJM-592 dan satu persatu personil naik secara taktis.

Upaya pembebasan sandera dilakukan dengan menyisir disetiap sudut dan ruangan kapal untuk mencari teroris. Dengan gerakan senyap dan cepat dor..dor..dor.. terdengar suara tembakan dari pasukan yang memiliki kemampuan Trimedia itu.

Satu orang teroris berhasil dilumpuhkan. Selanjutnya pasukan Taifib berhasil menemukan para sandera dengan keadaan aman. Kejadian tersebut merupakan bagian dari demonstrasi pembebasan sandera di saat latihan bela negara yang diikuti oleh 636 mahasiswa dari 24 perguruan tinggi di Indonesia.

Di akhir acara seluruh peserta dan Pasukan Intai Amfibi berfoto bersama. Setelah itu bertolak meninggalkan Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) berlayar menuju Kolinlamil Jakarta dalam rangka Pelayaran Kebangsaan Bela Negara Mahasiswa Indonesia.

Pelayaran berlangsung mulai 18-23 Desember 2017 dengan melintasi perairan Laut Jawa hingga tiba di Dermaga Kolinlamil Jakarta. Para Mahasiswa juga akan menerima materi seperti, pendidikan karakter bela negara dalam era globalisasi, jati diri, integritas dan jiwa bela negara.

Dikenalkan pula nilai strategis maritim dalam pertahanan negara, hukum laut dan kedaulatan bangsa, perspektif Geo-Politik dan Geo- Strategi masa kini, serta visi maritim bangsa Indonesia, serta membangun kewirausahaan berbasis maritim menuju kemandirian bangsa. (maa)

Rate this item
(0 votes)