Kebohongan Kasi Wasdakim Terbongkar, Di Kantor Imigrasi Tanjung Perak Ternyata Masih Ada Calo, Ini Buktinya!

01 Feb 2018
56 times
Suasana kantor Imigrasi  Kelas I Tanjung Perak Suasana kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Foto : Wahyudiono

Apakabar.co.id (Surabaya) - Beberapa waktu lalu Polrestabes Surabaya berhasil melakuan operasi tangkap tangan (OTT). Yakni terhadap oknum Kasubsi dan calo di Kantor Imigrasi Kelas 1 Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya yang diduga melakukan praktik pungutan liar atau pungli.

Paska kejadian itu, apakabar.co.id sempat mengkonfirmasi Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak, Ridwan terkait dugaan pemalsuan dokumen rekom dari Depag Bangkalan.

Ketika itu Ridwan sempat mengatakan kepada wartawan bahwa di tempatnya bekerja sudah tidak ada lagi calo. "Kalau ada calo, silahkan lapor saya," tegas Ridwan ketika itu didampingi beberapa anggotanya serta bagian Humas, Moch Faujan.

Diduga, penyampaian Ridwan tersebut hanya kebohongan publik saja. Hal ini terbukti dengan kejadian seperti yang dialami Ida. Pemohon paspor yang tinggal di wilayah Surabaya Barat ini mengeluh lantaran menjadi korban praktik calo di Kantor Imigrasi di Jl. Darmo Indah tersebut.

Menurut Iskandar, terkuaknya dugaan praktik calo ini berawal ketika tanggal 9 januari 2018 lalu, ia mengantarkan Ida untuk mengurus paspor di Kantor Imigrasi kelas 1 Tanjung Perak.

"Kami bertemu dengan oknum petugas parkir dan mendapat informasi kuota pengurusan paspor telah penuh dan baru dibuka kembali dalam jangka waktu yang lumayan lama," katanya.

"Akhirnya kami diarahkan ke oknum calo yang menjanjikan selesai dalam waktu 4 hari dengan biaya Rp. 1,5 juta. Tapi faktanya hingga siang tadi belum kelar. Parahnya lagi, ada kabar dari oknum petugas Imigrasi bernama Agus bahwa paspor milik Ida tidak ditemukan alias hilang," sesalnya.

Terkait masalah ini, Ridwan berulang kali dikonfirmasi apakabar.co.id namun enggan menjawab. Padahal ia begitu yakin di kantor Imigrasi Kelas 1 Tanjung Perak sudah tidak ada lagi calo.

Begitu halnya dengan Faujan, pria berpawakan tinggi ini juga terkesan tiarap, ketika ditanya soal dugaan praktik calo. (ono)

Rate this item
(0 votes)