Warga dan Petani Sariloyo Dirikan Pos Rakyat Kecil

13 Mar 2018
136 times

Apakabar.co.id (Jombang) - Warga Dusun Sariloyo Desa Sambongdukuh Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang layak menjadi contoh bagi desa lainnya. Bagaimana tidak? Bersama dengan Paguyuban Perjuangan Tani Sambongdukuh (PENTAS), Minggu (11/3) bergotong royong membangun “Pos Rakyat Kecil (PRK)” sebagai sarana komunikasi dan mempererat Silaturrahmi.

Mu’i yang merupakan warga setempat sekaligus penggerak warga dan petani di Sariloyo menjelaskan bahwa pembangunan PRK ini sebagai sarana bertukar pikiran dan pendapat serta untuk mewadahi inisiatif-inisiatif warga yang selama ini belum terealisasi.

"Kegotongroyongan warga dan petani dalam membangun pos tersebut mendapat antusias yang positif, walaupun tempatnya sederhana dan seadanya namun yang menjadi tolak ukur kami bukanlah soal kemewahan melainkan rasa rukun dan guyub," jelas Mu’i.

Lanjut dia, “Di zaman sekarang ini “uri-uri” budaya gotong royong menjadi sebuah hal yang tabu. Mengingat zaman yang serba modern ini, budaya ini seakan-akan sudah luntur dan tergantikan dengan yang namanya program/proyek yang mengatasnamakan pembangunan.

“Alhamdulillah, warga dan petani Sariloyo rasa gotong-royong dan guyubnya masih terjaga sehingga tidak sampai tergerus dengan yang namanya egosentrisme," pungkas Mu’i.

Di sisi lain, Safik selaku Ketua PENTAS yang turut hadir membantu. “Saya sangat mengapresiasi kehadiran serta kemauan warga dalam menjaga keutuhan dan rasa kegotongroyongan demi memikul atau memangku segala inisiatif/persoalan. Bukti sederhana yang nyata yakni adanya pembangunan PRK ini sebagai sarana warga dan petani Sariloyo untuk saling membantu dan menjaga desa Sambongdukuh," ulasnya.

Masih Safik, “Warga dan petani Sariloyo, harapan ke depan mereka dengan adanya PRK ini adalah sebagai sarana komunikasi, silaturrahmi dan mewadahi aspirasi warga maupun petani setempat agar lebih tersalurkan dan dapat didiskusikan secara bersama–sama," ujar Safik. (har/irs)

Rate this item
(0 votes)