Ribuan Buruh PT. Platinum Ceramics Industry Mogok Kerja, Ini Tuntutannya..

29 Mar 2018
195 times
Aksi demo yang dilakukan pegawai PT Platinum Ceramics Industry Aksi demo yang dilakukan pegawai PT Platinum Ceramics Industry Foto : Oso

Apakabar.co.id (Surabaya) - Sudah tiga hari kemarin ribuan buruh PT Platinum Ceramics Industry melakukan mogok kerja. Pasalnya, mediasi terkait kenaikan upah buruh tahun 2018 tidak dikabulkan pihak perusahaan.

Berbagai jalur sudah di lakukan antara pihak Pimpinan Unit Kerja (PUK) Federasi Serikat Pekerja (FSP) Buruh dan Pekerja Umum (BPU) SPSI PT. Platinum Ceramics Induatry yang diwakili Ali Gosi, Jul Paijar, Eko Purwanto, Edi Purnomo dengan pihak perusahaan yang diwakili Yahya Gunawan, Andreanto, Likas Sanusi untuk mencari kesepakatan.

Namun dari pihak perusahaan masih ngotot pada pendiriannya meski sudah ada keputusan dari Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) soal penetapan upah tahun 2018. Adapun tuntutan yang ditujukan ke perusahaan adalah, gagalnya kesepakatan perundingan bipartite PUK FSP BPU SPSI PT. Platinum Ceramics Industry dengan PT. Platinum Ceramics Industry mulai tanggal 23 Januari sampai 26 Februari 2018, perihal penyesuaian dan kenaikan upah tahun 2018.

Kemudian PT. Platinum Ceramics Industry mempersulit pemotongan perubahan iuran serikat pekerja tahun 2018, sebagaimana diatur dalam Perjanjian Kerja Bersama (PKB) Pasal 7 ayat 8. Tidak hanya itu, PT. Platinum Ceramics Industry telah melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sepihak terhadap 15 orang.

Pimpinan PT. Platinum Ceramics Industry juga mengabaikan dan tidak memperhatikan PKB Pasal 27 ayat 5 tentang SOP PHK. Saat dihubungi apakabar.co.id, Ali Gosi selaku Pimpinan PUK FSP BPU SPSI PT. Platinum Ceramics Industry menyatakan, bahwa kemungkinan mogok kerja ini akan berlangsung lagi jika sampai dalam 3 hari ini masih belum ada kesepakatan. (oso)

Rate this item
(0 votes)