Sejumlah Eselon II Pemkab Bondowoso Mulai Incar Kursi Sekda

28 Nov 2017
135 times

Apakabar.co.id (Bondowoso) – Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) akan menjadi incaran sejumlah eselon II di jajaran Pemkab Bondowoso. Posisi Sekda memungkinkan bagi eselon II yang memenuhi syarat secara administratif apabila Sekda Hidayat dipastikan maju sebagai calon wakil Bupati (Cawabup) mendampingi H Achmad Dhafir yang kini menjabat sebagai Ketua DPRD sekaligus ketua DPC PKB.

Sebab, sesuai aturan, Sekda harus mengajukan pengunduran diri apabila mencalonkan sebagai cawabup. DPD Jaka Jatim, Jamharir mengemukakan bahwa ada kemungkinan, kendati jika Sekda maju sebagai cawabup, Sekda saat ini sudah menyiapkan kader untuk menduduki jabatan paling strategis di tingkat birokrasi itu.

"Saya melihat ke arah sana, Sekda dimungkinkan sudah menyiapkan kadernya. Sehingga dengan demikian, ia tak perlu khawatir lagi meskipun ia sudah tidak menjabat sekda. Semua akan aman jika kadernya yang duduk sebagai pengganti. Ia tentu akan membangun dinasti itu," terang Jamharir.

Akan tetapi, kendati Sekda misalnya sudah menyiapkan kader, namun peranan Bupati Amin Said Husni cukup strategis. Bupati tentu akan sangat hati hati menempatkan seorang PLT Sekda. "Bupati itu sangat hati hati, ia selalu memperhitungkan berbagai kemungkinan, ia tidak hanya melihat dari satu sudut pandang melainkan juga melihat dan mempertimbangkan banyak hal sehingga nantinya akan melahirkan keputusan yang bisa diakomodir," ujarnya.

Jika melihat sejumlah pejabat eselon II yang layak dan secara administratif memenuhi, maka akan ada beberapa nama yang diantaranya adalah Drs H Karna Siswandi Kepala Dinas PUPR, Wahyudi Triatmadji Kepala Inspektorat, Farida Kepala DPPKA, Agung Trihandono Asisten I, Harimas Sekretaris DPRD.

"Mereka semuanya layak untuk menjadi Sekda, tetapi biasanya Pemkab itu masih menganut asas kepatutan, senioritas masih dominan dan juga pertimbangan secara politis juga masuk. Ada juga pertimbangan lain misalnya pertimbangan tak tertulis," ujarnya.

Dari sekian nama yang layak tersebut, lanjut Jamharir, hanya ada tiga nama yang masuk dalam nominasi. Tiga nama itu sudah pernah dibicarakan ditingkat elit. Adapun tiga nama yang masuk dalam nominasi itu adalah Wahyudi Triatmadji, Harimas, dan Farida. Sementara nama nama lain masih belum dibicarakan lebih dalam lagi. "Tetapi dari tiga nama itu nanti akan mengerucut menjadi dua nama yakni antara Harimas dan Wahyudi," terangnya. (lis)

Rate this item
(0 votes)