Kapolda Siapkan Polairud Bantu Amankan Pilkada 2018

05 Dec 2017
60 times
Kapolda Siapkan Polairud Bantu Amankan Pilkada 2018 Foto : Alia

Apakabar.co.id (Surabaya) – Pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak yang digelar 27 Juni 2018 kini terus menjadi perhatian serius Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin. Bahkan untuk membantu pengamanan pesta demokrasi tersebut, Kapolda menegaskan akan menurunkan jajaran dari Direktorat Polisi Air dan Udara (Ditpolairud) untuk ikut membantu proses pengamanan.

“Di Jatim ada beberapa daerah yang membutuhkan sarana transportasi dalam pengiriman logistic Pemilu. Seperti di Kepulauan Masalembu, Bawean, kemudian di Sumenep banyak pulau-pulau kecil yang memang perlu bantuan dan kehadiran Polairud,” kata Irjen Machfud saat Peringatan HUT Polairud ke 67 di lapangan apel Dit Polair, Jl Perak Utara Surabaya, Selasa (5/12).

Ia mengungkapkan, kalau di Jatim ada BKO (bawah kendali operasi) dari Polairud Mabes Polri. Sedangkan jumlah kapal local sejumlah 38 kapal, termasuk yang dimiliki Polres jajaran. Sedangkan kapal paling besar milik Polairud yakni kapal C1.

“Kami siap dalam pengamanan Pilkada Jatim 2018. Kami akan siapkan semua kapal yang dimiliki Polairud guna pendistribusian logistic Pemilu di pulau-pulau terpencil di Jatim. Terkadang kita di back up Polair Mabes Polri. Tapi saya rasa kita saja sudah cukup,” kata jenderal polisi bintang dua tersebut.

Untuk sarana transportasi udara, sambung Kapolda, baru satu yang dimiliki dan mudah-mudahan bisa membantu kelancaran pengamanan Pilkada Jatim. Dalam Pilkada, Kapolda menegaskan, seluruh kekuatan atau dua pertiga kekuatan dari jumlah yang ada selalu disiagakan. Dan ditambah dengan kekuatan dari unsur keamanan lainnya, seperti TNI.

Pengamanan ini, menurut Machfud, pasukan disiagakan lebih di lingkungan TPS (Tempat Pemungutan Suara). Selama ini pengamanan yang dilakukan Pold Jatim beserta jajaran sudah sangat baik. Dengan adanya penambahan bantuan dari Polairud, Machfud berharap Pilkada 2018 serentak di Jatim bisa berjalan dengan lancar dan aman.

“Intinya kita all out dalam pengamanan Pilkada Jatim. Seluruh personel dan pasukan sudah siap, begitu juga dengan peralatan penunjang sudah siap,” tegasnya.

Direktur Polairud Polda Jatim, Kombes Pol Agusli Rasyid menambahkan, pihaknya kini ada dua kapal jenis C1 dari mabes yang di-BKO di Jawa Timur. Kapal tersebut juga akan diperbantukan untuk mengawal pengiriman logistik Pilkada 2018. (wie/lia)

Rate this item
(0 votes)