Jenderal Gatot Pesan Agar Prajurit TNI Tetap Jaga Netralitas

08 Dec 2017
81 times
Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat di Armatim Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat di Armatim Foto : MAA

Apakabar.co.id (Surabaya) - Pilkada Serentak bakal digelar tahun 2018 dan Pilpres digelar pada tahun 2019 mendatang. Panglima TNI, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menegaskan pada seluruh jajaran TNI untuk tetap menjaga netralitas selama pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.

"Pada saat yang sama saya menegaskan pula bahwa politik TNI adalah politik negara. Politik yang diabdikan bagi tegaknya kesatuan Indonesia, yang di dalamnya terangkum ketaatan hukum, untuk kepentingan rakyat di atas kepentingan segala-galanya, apakah kepada atasan dari bawah ke atas sampai kepada paling atas Presiden Republik Indonesia," kata Panglima TNI di penghujung masa jabatannya saat di Mako Armatim, Jumat (8 /12).

Panglima TNI asal Tegal yang lahir pada tanggal 13 Maret 1960 tersebut mengingatkan para prajurit TNI agar tetap netral pada tahun politik. "Ingat TNI harus netral, tidak ada kata lain," tegasnya.

Jenderal TNI bintang empat itu juga meminta seluruh prajurit TNI-Polri harus memegang teguh soliditas dan kerjasama. Dengan menjaga soliditas, kata dia, maka keamanan dapat terjaga dengan baik.

"Saat itu dihadapan Kapolda dan Kapolres maupun pejabat utama kepolisian, saya pesankan sampaikan kepada anak buahmu tolong bantu saya. Apabila ada prajurit-prajurit saya melaksanakan politik praktis dan tidak netral, sampaikan dengan sopan, dan para prajurit apabila diingatkan harus mengucapkan terima kasih," tuturnya.

Demikian pula apabila ada anggota kepolisian yang tidak netral baik di Pilkada maupun Pilgub, para prajurit melihatnya segera diingatkan dan sampaikan kepada atasannya. "Karena sebagai prajurit TNI-Polri kita harus taat hukum, dan mengutamakan kepentingan rakyat," tukasnya. (maa)

Rate this item
(0 votes)