Polda Siapkan 900 Walpri Untuk Paslon Pilkada

10 Jan 2018
28 times
Polda Siapkan 900 Walpri Untuk Paslon Pilkada Foto : MAA

Apakabar.co.id (Surabaya) – Pengamanan pelaksanaan Pilkada serentak di Jawa Timur tidak hanya obyek vital seperti kantor KPU hingga TPS (tempat pemungutan suara) saat pencoblosan pada tanggal 27 Juni mendatang. Polda Jatim juga telah menyiapkan 900 pengawal pribadi (walpri) untuk mengawal (pasangan calon) yang bakal menjadi peserta Pilkada.

“Sejak Saelasa (9/1) kemarin, kami sudah mulai melakukan tes pada 1.256 anggota di seluruh jajaran Polda Jatim. Mereka menjalani serangkaian tes untuk walpri dalam persiapan Pilkada Serentak yang dilakukan 18 Kota/Kabupaten dan Pilgub Jatim,” jelas Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Rabu (10/1).

Dari 1.256 anggota polisi yang mengikuti tes yang dipilih untuk mendampingi Paslon di 18 Kota/Kabupaten dan Pilgub Jatim sebanyak 900 anggota. Ia menjelaskan, serangkaian tes yang dijalani di antaranya, tes tulis, kesamaptaan, kepribadian dan kesehatan.

Dalam tes kemarin, kata dia, anggota sudah melakukan tes kesehatan di RS Bhayangkara Polda Jatim. "Anggota yang mengikuti tes dari Sabhara, Intelkam dan Satbrimobda," kata Kombes Barung.

Dikatakan, khusus untuk Pilgub Jatim jumlah Walpri yang dipersiapkan sebanyak 60 orang. Dari Satbrimobda sebanyak 20 anggota, Intelkam 20 anggota dan Sabhara 20 anggota. "Masing-masing Paslon 2 Walpri. Begitu pula KPU dan Bawaslu juga disediakan Walpri masing-masing 2 anggota," terangnya.

Sementara Pilkada di 18 kota/kabupaten juga diberlakukan sama, yakni masing-masing paslon dua orang dan pejabat terkait juga dua orang. "Untuk di daerah, anggota yang mendampingi dari polres masing-masing," ujarnya.

Dari 900 anggota yang terpilih untuk mengawal paslon, mereka akan dididik selama tiga hari di tiga di Pusdik Gasum, Pusdik Brimob dan SPN Bangsal. “Di kawasan candradimuka itu mereka ditempa pendidikan. Mulai dari kesigapan dan kepribadian,” jelasnya.

Selain Pilgub Jatim, adapun 18 kab/kota yang menggelar Pilkada di Jawa Timur, yakni Lumajang, Bondowoso, Probolinggo, Kota Probolinggo, Pasuruan, Malang, Nganjuk, Jombang, Kota Kediri, Kota Madiun, Madiun, Magetan, Tulungagung, Mojokerto, Bojonegoro, Bangkalan, Sampang, dan Pamekasan. (maa)

Rate this item
(0 votes)