Khofifah-Emil Daftar Pilgub di KPU Jatim

10 Jan 2018
68 times
Khofifah dan Emil saat mendaftar Pilgub Jatim di  KPU Khofifah dan Emil saat mendaftar Pilgub Jatim di KPU Foto : MAA

Apakabar.co.id (Surabaya) – Pendaftaran Pilgub Jatim telah dibuka KPU Jatim sejak Senin (8/1). Di ahri terakhir Rabu (10/1) ini, pasangan bakal calon Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistanto Dardak menjadi yang pertama mendaftarkan diri di KPU Jatim.

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menyatakan, persyaratan dukungan untuk pasangan Khofifah-Emil telah memenuhi syarat dari partai politik yang ada di DPRD Jatim. Hal itu dinyatakannya setelah diteliti oleh tim dari KPU Jatimbahwa ada lima parpol yang duduk di DPRD Jatim memberikan dukungan

Dimana dukungan datang dari Demokrat 13 kursi, Golkar 11 kursi, Nasdem 4 kursi, Hanura 2 kursi, dan PAN 7 kursi. "Parpol tersebut langsung dihadiri oleh Ketua dan Sekretarisnya masing di KPU Jatim," ujarnya.

Ia juga menyampaikan, persyaratan pencalonan untuk partai politik atau gabungan partai politik pada pasangan Khofifah - Emil ini sesuai Peraturan KPU, Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Persentase dukungan suara sah bakal pasangan calon partai politik atau gabungan partai politik adalah sebesar 25 persen.

Khofifah mengatakan, Pilkada bukan sekedar suksesi kepemimpinan namun juga ajang pendidikan politik bagi rakyat. Oleh karena ia berharap Pilkada di Jawa Timur bisa berjalan aman dan demokratis sehingga mampu menghasilkan pemimpin yang benar-benar berkualitas dan berintegritas.

Ia menginginkan, pilkada serentak yang juga dilaksanakan di Jawa Timur bisa diikuti oleh seluruh warga Jatim. Tidak ada satupun warga negara yang terciderai hak konstitusionalnya. "Besar harapan kami proses demokrasi di Jawa Timur bisa berjalan dengan baik dan aman tanpa dinodai oleh aksi maupun tindakan tercela lainnya yang dapat merusak esensi demokrasi itu sendiri," tutur Khofifah.

Pihaknya juga mengucapkan, terima kasih kepada para pendukungnya yang telah mengantar pendaftaran pilgub Jatim 2018 di KPU. Begitu juga Parpol Pendukung yang telah hadir. "Tentu saja dukungan ini menjadikan saya dan Mas Emil semakin optimistis bisa memenangkan kontestasi politik lima tahunan ini. Insya Allah," ungkapnya.

Sementara itu, Emil Dardak dalam orasinya mengaku yakin jika duet dirinya bersama Khofifah Indar Parawansa mampu membawa perubahan dan kesejahteraan bagi masyarakat Jawa Timur. "Insya Allah kami mampu dan sanggup melanjutkan tongkat estafet kepemimpinan di Jawa Timur," imbuh Bupati Trenggalek non aktif tersebut. (maa)

Rate this item
(0 votes)