Redaksi

Redaksi

Curabitur ultrices commodo magna, ac semper risus molestie vestibulum. Aenean commodo nibh non dui adipiscing rhoncus.

Apakabar.co.id (Surabaya) – Kasus dugaan korupsi pengadaan bangku sekolah SD, SMP dan SMA senilai miliaran rupiah yang diduga dilakukan Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Sidoarjo tahun 2015 telah dilaporkan pada Polda Jatim. Kendati berselang sekitar tiga tahun, kasus tersebut kini tetap dilanjutkan oleh Subdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipidkor) Ditreskrimsus Polda Jatim.

“Progress penanganan kasus ini masih dalam penyelidikan. Penyidik sedang melakukan klarifikasi terhadap permintaan keterangan dari pihak-pihak terkait kasus ini,” kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Kamis (12/4).

Sebelumnya, Komite Mahasiswa Nusantara  (KMNU)  Cabang Sidoarjo mempertanyakan progress penaanganan kasus tersebut, apakah kasus masih disidik (penyidikan) atau sudah dihentikan. Menyoal penanganan kasus ini, para mahasiswa yang tergabung dalam KMNU meminta aparat hukum harus menindak dengan tegas segala bentuk korupsi di Kabupaten Sidoarjo.

Ketua KMNU Sidoarjo, Amsar Wiranu angkat bicara dan meminta sikap tegas para penegak hukum dalam kasus dugaan korupsi yang bernilai miliaran rupiah ini. Amsar mengaku, kejelasan penanaganan kasus ini sangat diperlukan untuk memberikan efek jera pada para pejabat di Sidoarjo yang bekerja tidak sesuai aturan. “Agar korupsi tidak merugikan pembangunan di Kota Udang ini,” tegas Amsar Wiranu.

Tidak hanya KMNU, seruan ketegasan penanaganan kasus ini turut dipertanyakan oleh Kelompok Studi Delta (KSD) Sidoarjo, khususnya Dinas Pendidikan (Dindik) agar hati-hati dalam pengadaan buku dan alat peraga pendidikan. Serta pengadaan peralatan Teknologi Informasi Komputer (TIK) untuk kebutuhan sekolah.

“Tidak hanya OPD Dinas Pendidikan saja, tapi semua OPD agar tidak sampai berurusan dengan aparat hukum karena dugaan korupsi,” tambah Ketua KSD Sidoarjo, Cahyo Putro.

Seperti diketahui, kasus ini bermula pada tahun 2015. Saat itu Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo yang sekarang menjadi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), diduga melakukan korupsi dalam pengadaan bangku-bangku sekolah SD, SMP dan SMA yang bernilai miliaran rupiah di seluruh Kabupaten Sidoarjo. Saat itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo masih dijabat Mustain Baladan.

Pada November 2015, Mustain dipanggil oleh Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim. Pemanggilan Mustain berkaitan dengan adanya dugaan korupsi dalam pengadaan bangku-bangku sekolah SD, SMP, SMA bernilai miliaran rupiah di seluruh Kabupaten Sidoarjo. Tahun 2018 ini, Mustain Baladan dimutasi sebagai Staf Ahli Bupati Sidoarjo. (maa)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Warga Kota Surabaya dikejutkan adanya asap tebal tiba-tiba keluar dari gedung Tunjungan Plaza (TP) 6 lantai 13. Namun,setelah ditelusuri ternyata asap tebal tersebut berasal gudang material yang menjadi bagian proyek pengembangan pusat perbelanjaan serta membuat sejumlah pengunjung berhamburan keluar menyelamatkan diri.

Informasi yang berhasil dihimpun apakabar.co.id di lokasi kejadian pertama kali muncul asap sekiranya pukul 12.50 wib dan asap berwarna hitam pekat tersebut berada di lantai 13 Tunjungan Plaza.

Salah seorang warga bernama Zainal (50 th) warga Jalan Tunjungan menceritakan, awal mula saat diketahui adanya kebakaran ketika dirinya lagi duduk di depan Jalan Tunjungan 86. Saat itu banyak pengendara roda dua berhenti melihat ke atas sambil menunjuk ke arah asap berwarna hitam pekat dan ternyata benar adanya kebakaran di Tunjungan Plaza lantai 13.

Lantas kemudian, tak berselang lama mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi juga sejumlah petugas pemadam kebakaran langsung masuk ke dalam TP6 lantai 13. Berdasarkan pengamatan apakabar.co.id di lokasi kejadian, ada sekitar 16 unit mobil pemadam kebakaran berjajar di sepanjang Jalan Embong Malang.

Bahkan, ada salah satu mobil kebakaran yang ikut membantu adalah Bronto Skylift F 104 HLA dan ini merupakan aksi perdana mobil buatan Finlandia tersebut telah diresmikan Tri Rismaharini Walikota Surabaya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya, Chandra Oeratmangun menjelaskan, salah mobil jenis Bronto Skylift dirancang khusus mengatasi kebakaran di gedung bertingkat dimana tangganya bisa menjangkau ketinggian 104 meter.

“Kendala yang dihadapi Bronto Skylift adalah angin cukup kencang saat akan memadamkan api. Namun petugas tidak hanya memadamkan api dari luarnya saja dan juga masuk ke dalam TP 6 lantai 13,” papar Chandra kepada awak media.

Kanit Lantas Polsek Tegalsari, AKP H Iswanto menuturkan, pihaknya membantu proses kelancaran pemadaman api dibantu oleh anggota Satlantas Polrestabes Surabaya dan anggota Unit Lalin Polsek Tegalsari. Petugas menutup sepanjang jalan embong malang sekitar 30 menit dan kendaraan arah dari Jalan Basuki Rahmad harus dialihkan ke Jalan Gubernur Suryo agar kendaraan tidak terkunci serta macet,” pungkasnya. (lia)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Giat rutin unit lalu lintas Polsek Tegalsari, dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, bukan sekedar isapan jempol. Salah satunya adalah rutin melakukan pengaturan lalin di perempatan traffick ligh Jalan Pandegiling, pada pagi hari pukul 07.00 wib hingga pukul 08.00 wib, serta pukul 16.00 wib hingga 18.00 wib.

AKP H Iswanto Kanit Lantas Polsek Tegalsari mewakili Kompol David Triyo Prasojo Kapolsek Tegalsari mengatakan, pihaknya bersama anggota di lapangan melaksanakan giat gatur lalin secara rutin di Jalan Pandegiling sejak pagi, karena adanya pengalihan arus lalin di Jalan Kartini yang diakibatkan adanya jembatan ambles.

Ia juga menghimbau kepada pengguna jalan raya terutama pengendara R2 yang berboncengan membawa putra-putrinya agar selalu melengkapi helm demi keselamatan di jalan raya no satu, juga jangan lupa membawa kelengkapan surat kendaraan bermotor mulai dari SIM dan STNK.

"Harapan kami dengan adanya giat rutin gatur lalin tiap pagi hingga sore, bisa memberikan serta menciptakan kehadiran Polri berada di tengah masyarakat," ujar mantan Kanit Lantas Dukuh Pakis di sela-sela mengatur gatur lalin.

Terpisah, Kompol David Triyo Prasojo mengatakan, ia sebagai kapolsek selalu memberikan instruksi kepada seluruh anggota yang ada di lapangan, terutama anggota unit lalu lintas agar selalu hadir di tengah masyarakat dengan melaksakan giat gatur lalin demi menciptakan rasa aman dan nyaman masyarakat selama berada di jalan raya, tanpa perlu kuwatir adanya ancaman gangguan kriminalitas. (lia)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Polsek Karang Pilang tidak pernah mengenal lelah biar pun panas atau hujan tetap memberikan rasa aman kepada masyarakat. Salah satunya gelar giat operasi cipta kondisi di depan Mapolsek Karangpilang.

Dalam giat operasi cipta kondisi tersebut dengan sasaran 3C (curas,curat,curanmor), narkoba, sajam serta kelengkapan surat berkendara di jalan raya dan dipimpin oleh pawas (perwira pengawas) Kanit Reskrim Polsek Karang Pilang IPTU Marji Wibowo.

IPTU Marji Wibowo menerangkan, pihaknya tidak akan pernah lelah,biar pun cuaca panas dan hujan tetap gelar giat cipta kondisi. “Operasi kami lakukan demi menciptakan pelayanan prima kepada masyarakat juga antisipasi 3C, narkoba, sajam menjadi ancaman serius masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu,hasil giat operasi cipta kondisi di depan kantor mapolsek karang pilang berhasil mengamankan satu unit kendaraan roda dua dan 20 tindakan tilang terhadap pengendara yang tidak melengkap surat kendaraan bermotor.

"Harapan kami ke depan dengan adanya giat operasi cipta kondisi ini,nantinya dapat mengurangi angka tindak kriminalitas dan menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat agar selalu melengkapi diri membawa surat kendaraan bermotor selama berkendara di jalan raya,” jelasnya.

“Sekali lagi kami menitipkan pesan kamtibmas kepada masyarakat, jangan pernah takut bila ada giat operasi cipta kondisi yang dilaksanakan oleh kepolisian. Pihak kepolisian berusaha dan berupaya menciptakan rasa aman juga kondusif kepada masyarakat yang ingin berkendara di jalan raya serta menjaga masyarakat dari ancaman gangguan tindak kejahatan,” pungkasnya. (wie)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Menjalang Pilkada 2018, Polsek Karang Pilang meningkatkan pendekatan kepada masyarakat. Seperti cangkrukan bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama serta safari keagamaan.

Hal ini disampaikan Kompol Noerijanto, SH selaku Kapolsek Karang Pilang, pihaknya menitiptkan pesan-pesan kamtibmas kepada seluruh masyarakat yang berdomisili di wilayah hukum Lolsek Karang Pilang.

"Salah satunya sillaturrahmi ke tokoh masyarakat dan tokoh agama di wilayah hukum Polsek Karang Pilang, supoyo jogo suroboyo ben aman pilkada damai (supaya jaga Surabaya, biar aman pilkada, damai)," tuturnya

"Dengan adanya kegiatan cangkrukan atau pun sillaturrahmi serta safari keagaman yang dilakukan Kapolsek Karang Pilang, semoga bisa menjaga situasi dan kondisi dari gangguan ancaman yang dapat mengganggu pilkada 2018," imbuh perwira melati satu di pundak. (wie)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Berbagai kejahatan mampu dikuak oleh Polsek Tegalsari. Namun begitu, Tim Anti Bandit Polsek Tegalsari di bawah komando Kanit Reskrim IPTU Zainul Abidin, SH, terus meningkatkan kewaspadaan di wilayah titik-titik rawan tindak kejahatan 3C (curas, curat, curanmor).

Sementara ini yang menjadi perhatian serius dari Tim Anti Bandit Polsek Tegalsari adalah, Jalan Polisi Istimewa, Jalan Tempel Sukorejo dikenal rawan 3C (curas, curat, curanmor).

Hal ini disampaikan Zainul Abidin mewakili Kapolsek Tegalsari, Kompol David Triyo Prasojo. "Bersama tim anti bandit Polsek Tegalsari selalu meningkatkan patroli mobile di Jalan Polisi Istimewa dan Jalan Tempel Sukorejo," tandasnya.

"Dalam pemberantasan kejahatan 3C yang berani beraksi di wilayah hukum Tegalsari, kami tidak akan segan memberikan tindakan tegas dengan tembak di tempat, karena para pelakunya juga tidak segan melukai korban saat beraksi," ujar Abidin.

"Pemberantasan aksi kejahatan 3C tersebut tidak hanya tugas kepolisian saja, namun juga harus ada kerja sama yang baik dengan masyarakat turut peduli menjaga wilayahnya dari ancaman tindak kejahatan 3C," ulasnya.

Terpisah, Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo, berharap kepada seluruh masyarakat, bila melihat adanya gerak-gerik mencurigakan di wilayahnya agar jangan segan untuk melaporkan kepada kepolisian terdekat. "Kami siap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sesuai motto kami melayani, melindungi, mengayomi masyarakat," tegasnya. (lia/wie)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Antisipasi maraknya pencurian kendaraan bermotor yang kerap menjadi momok warga Kota Surabaya, direspon serius oleh Polsek Tegalsari.

Salah satu bentuk respon positif yang ditunjukan Polsek Tegalsari adalah melaksanakan giat operasi cipta kondisi di Jalan Tegalsari arah menuju ke Tunjungan Plaza.

"Sebagai anggota Polri selalu berusaha memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, serta merespon keluhan masyarakat terkait maraknya tindak pidana 3C (curanmor, curas, curat), sajam dan narkoba," ujar Kanit Lantas Polsek Tegalsari, AKP H. Iswanto.

"Dalam giat operasi cipta kondisi yang kami gelar berhasil melakukan tindakan tilang 30 terhadap pengendara roda dua yang tidak dilengkapi surat kendaraan bermotor mulai dari SIM, STNK, helm, nopol, spion dan ban tidak sesuai standar SNI," tandasnya.

"Kami pun menghimbau kepada para pengendara roda yang ingin beraktifitas di jalan raya, lengkapilah surat dan kelaikan kendaraan bermotor sesuai UU lalu lintas demi menjaga keselamatan di jalan raya," himbau mantan Kanit Lantas Dukuh Pakis ini. (wie)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Menjelang perhelatan akbar Pilkada 2018, Polsek Simokerto yang dipimpin langsung Kompol Masdawati Saragih melaksanakan giat anjangsana. Kegiatan ini bertempat di kediaman Hj.Habibah bin Moch Cahyono anggota DPRD Kota Surabaya Komosi C rumah beralamat di Jalan Kebon Dalem 7 No.39.

Dalam giat anjangsana tersebut Kapolsek Simokerto didampinggi Kanit Binmas, Panit Binmas, Kanit Intel serta Kanit Reskrim Polsek Simokerto.

"Kami mohon kepada ibu Hj Habibah agar bersama-sama menjaga kamtibmas wilayah hukum Polsek Simokerto. Perhelatan Pilkada 2018 semakin dekat, maka kami di sini titip pesan kamtibmas, mari bersama kita menjaga situasi tetap aman dan kondusif selama atau pun sesudah Pilkada 2018," kata kapolsek. (wie)

Apakabar.co.id (Surabaya) - Gerbong mutasi bergulir di Polrestabes Surabaya dan serah terima jabatan dipimpin Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan. Terdapat mutasi kepada empat perwira masing-masing Kasat Tahti, Kasium, Kasitipol, dan Kapolsek Bubutan.

Kombes Rudi menyampaikan, terima kasih kepada para perwira kepolisian atas dedikasinya selama berdinas di wilayah hukum Polrestabes Surabaya. Adapun beberapa perwira yang mutasi adalah Kasat Tahti Kompol Sunardi bergeser sebagai Kasubbagrohjas Bagwatpers Ro SDM Polda Jatim digantikan oleh Kompol I Wayan Purwa yang sebelumnya menjabat Kasubbagminopsnal Bagbinopsnal Ditlantas Polda Jatim.

Kasium Kompol Khususiyah menjelang pensiun digantikan Kompol Nurnaeni yang sebelumnya menjabat Kasitipol. Sedangkan jabatan Kasitipol diisi oleh mantan Kasubbag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Lily Djafar.

Sementara disela-sela serah terima jabatan, Kapolrestabes Surabaya menyampaikan lima hal yang harus dimiliki sebagai anggota kepolisian. “Jadilah bhayangkara yang disiplin, tanggung jawab, memiliki kebanggaan, kejujuran dan kebersamaan,” tandasnya.

Ia juga berharap agar kedepan kinerja Polri semakin baik dan dicintai masyarakat. “Semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan kekuatan lahir batin serta petunjuknya kepada kita sekalian, dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara,” pungkasnya. (lia)

Apakabar.co.id (Martapura) - Suasana apel yang tidak biasa terjadi di halaman Mapolres Banjar Kalsel, AKBP Takdir Mattanete SH., SiK terlihat memimpin langsung kegiatan apel tersebut. Sementara hampir semua wajah peserta apel merasa terharu atas pemberian reward kepada salah satu personil yang telah lama mengabdi di Polres Banjar yang dinilai memiliki dedikasi serta loyalitas tinggi menjalankan tugas sebagai anggota Polri berdinas di Polres Banjar.

Adalah AKP Susilo. Anggota yang satu ini kesehariannya bertugas di Bagian Operasional Polres Banjar, secara tidak disangka mendapatkan reward langsung dari Kapolres Banjar berupa tiket umroh menjelang masa pensiunnya.

AKBP Takdir Mattanete di hadapan seluruh anggota beserta jajaran Polres Banjar menyampaikan, Reward tiket umroh diberikan kepada AKP Susilo, berkat loyalitas dan dedikasi tinggi selama bertugas di Polres Banjar, juga sangat membantu kinerja Polres Banjar dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya. "Reward tiket umroh kami berikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja jajaran anggota Polres Banjar yang memang layak untuk diberikan penghargaan," ulasnya.

"Alasan kami adalah bertujuan untuk memacu kinerja anggota lainnya, agar berlomba-lomba meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat, serta memberikan kesempatan kepada para anggota untuk melaksanakan ibadah umroh di tanah suci, dan yang mana itu merupakan keinginan juga impian seluruh anggota Polres Banjar beragama Islam," paparnya.

"Harapan kami ke depan, semoga dengan reward tiket umroh dapat memberikan keberkahan tersendiri bagi seluruh anggota keluarga besar Samuak Saliur Polres Banjar. Sehingga untuk ke depan Polres Banjar dapat menjalankan tugas dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan penuh limpahan rahmat dan ridho dari Allah SWT," harapnya.

Sementara Susilo sendiri, pada kesempatan tersebut mengaku dirinya tak mampu menahan tetesan air mata yang keluar dari kedua matanya. "Alhamdulillah, Ulun (saya) tidak mampu berkata apa-apa, selain rasa syukur kepada Allah SWT dan terimakasih sebesar- besarnya kepada bapak kapolres karena selama puluhan tahun menjadi anggota Polri, baru kali ini mendapat penghargaan yang akan saya ingat selama hidup saya," ungkap Susilo sembari meneteskan air mata.

Susilo berharap, semoga dengan kearifan dan kebijaksanaan Kapolres Banjar dalam memimpin Polres Banjar, dapat menjadi inspirasi juga panutan bagi seluruh para pemimpin dan petinggi di jajaran Polri. Sehingga semakin banyak sosok pemimpin yang patut dijadikan tauladan bagi para anggotanya.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih yang sebesar- besarnya kepada bapak kapolres, dan saya juga berdoa semoga beliau selalu diberikan kesehatan kelancaran karier dan kesuksesan dunia akhirat juga selalu istiqomah dan selalu amanah dalam menjalankan tugas," kata Susilo, mendoakan Nette Boy. Sebelumnya Kapolres Banjar yangdikenal ramah kepada insan pers ini juga telah memberikan reward yang sama kepada salah satu anggota Sat Binmas Polres Banjar, Bripka Nanti. (wie/all)