Gibran Usulkan Kebo Bule jadi Maskot Peparnas 2024

Gibran saat foto bersama dengan Ketua NPC dan juga Menpora. Foto. apakabar.co.id/ Fernando Fitusia

apakabar.co.id, SOLO – National Paralympic Commite (NPC) Indonesia merilis logo dan maskot Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) tahun 2024, Kamis (18/07) di Pendapi Gede Balai Kota Solo.

Logo Peparnas tahun ini terdiri dari 2 simbol yakni burung perkutut dan juga keris jawa. Adapun maskot peparnas tahun ini terbilang unik, yakni kebo bule.

Maskot tersebut terinspirasi dari kebo bule yang akrab disebut Kyai Slamet. Maskot tersebut diusulkan oleh Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka.

Kebo Kyai Slamet merupakan hewan istimewa dalam tradisi Kraton Surakarta. Kebo bule merupakan simbol utama dalam upacara malam satu suro.

Adapun nama Slamet dalam bahasa Jawa diartikan selamat atau aman. Penggunaan maskot Kebo Slamet ditampilkan dalam busana ksatria Surakarta lengkap dengan kain motif parang yang bermakna kekuatan dan pantang menyerah dalam menghadapi segala rintangan.

Saat dikonfirmasi, Gibran menjelaskan pemilihan maskot Peparnas berupa kebo bule didasarkan atas semangat kebudayaan yang juga memiliki benang merah dengan kegiatan-kegiatan serupa di bidang olah raga.

“Paragames kita menggunakan maskot Rojomolo dan logonya Keris. Di tahun ini Peparnas ada kebo bule Kyai Slamet. Jadi kita pengen setiap event terutama event-event internasional itu bisa menampilkan kebudayaan-kebudayaan kita,” ungkapnya.

Gibran berharap penggunaan maskot kebo bule bisa menambah semangat gelaran Peparnas dalam mengukir prestasi. Selain itu, acara diharapkan bisa membawa dampak ekonomi yang lebih baik untuk Kota Solo.

“Sekali lagi kita ingin menunjukkan budaya-budaya Solo. Ini kita tunjukkan di tingkat nasional dan internasional,” terangnya.

Gelaran Peparnas tahun ini melibatkan 5.000 atlit. Kedatangan atlit dan official sebanyak itu diharapkan akan meningkatkan jumlah hunian hotel dan frekuensi penerbangan. Selain itu, geliat UMKM juga diharapkan bisa menunjukkan perannya dalam kancah olah raga.

Sementara itu, Ketua NPC Indonesia, Senny Marbun mengungkapkan kegiatan Peparnas merupakan wadah yang tepat untuk menjaring atlit-atlit muda sekaligus mempertahankan gelar juara umum.

“Venue sudah siap, makanya makasih banyak pada Gibran mengijinkan kita punya hajat disini. Karena semua sudah rapi, sudah siap nanti kita cek lagi apa yang kurang,” paparnya.

973 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Fahriadi Nur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *