Adiputro Luncurkan Bus SDD Pertama yang Pakai Sasis Mercy 2445

Karoseri Adiputro merilis Jetbus 5 SDD dengan sasis mercedes-benz O 500 2445 - apakabar.co.id/DF
Karoseri Adiputro merilis Jetbus 5 SDD dengan sasis mercedes-benz O 500 2445. Foto: apakabar.co.id/DF

apakabar.co.id, TANGERANG – Karoseri Adiputro baru saja meluncurkan Jetbus 5 Super Double Decker (SDD) pertama di Indonesia yang menggunakan sasis Mercedes-Benz 0 500 RSD 2445.

Bus tingkat mewah ini sudah di-booking oleh PO Garuda Mas asal Cirebon, Jawa Barat bersamaan gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

“Kami dipercaya Daimler Indonesia (DCVI) sebagai karoseri pertama di Indonesia yang gunakan sasis 2445 berteknologi canggih ini,” ucap Direktur PT Adiputro Wirasejati, Jesse Jethrokusumo di arena GIIAS 2024, Sabtu (20/7).

Sasis Mercy 2445 ini didukung teknologi Euro 5 yang dilengkapi sederet fitur pendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara, sekaligus ramah lingkungan.

Sasis premium ini mempunyai kekuatan 450 horse power (tenaga kuda). Sebelumnya Adiputro menggunakan tipe 2442 yang kekuatannya masih 420 tenaga kuda.

Alhasil dari sasis yang kuat itu, pihaknya membangun bodi bus yang super premium 6×2 dengan 3 axle, yang memungkinkan melakukan inovasi pada bus tingkat.

Secara desain, kabin bus ini hanya menyediakan 6 seat pada lantai satu, menjadikannya inovasi yang belum pernah ada sebelumnya di Indonesia.

“Menariknya lagi, di lantai satu ini ada inovasi di bagian interior yang akan membuat penumpang mendapatkan kenyamanan optimal selama perjalanan,” ujar Jesse.

Sementara di lantai dua, karoseri asal Malang, Jawa Timur itu meyediakan 20 seats.

Namun konfigurasi tempat duduk itu sangat tergantung dengan permintaan pelanggan.

Selain menyerahkan Jetbus 5 SDD, Adiputro juga menghadirkan beberapa bodi bus lain yang juga sudah dibeli oleh Perusahaan Otobus (PO) di Indonesia.

Mulai dari Jetbus 5 Medium Deck (MD) Single Glass dengan sasis Mercedes-Benz OF 917 Short E4. Bus berukuran sedang itu PO Juragan 99 Trans.

Kemudian, bodi Jetbus 5 Dream Coach Double Glass dengan sasis Mercedes-Benz OH 1626 E4 Jetbus 5 sudah milik PO Berlian Jaya dan PO Pandawa.

Masih ada juga Jetbus 5 MHD Single Glass dengan sasis Mercedes-Benz OH 1626 E4 yang dibeli PO Efisiensi.

Sisanya, ada OF 917 Short E4 Jetbus 5 BIG BENZ dibeli PO Citra Kencana, Mitsubishi FE71 Jetbus 5 Jumbo kepada PO Citra Kencana.

Ditambah sasis Scania K410 IB Jetbus 5 SDD kepada PO Harapan Jaya, serta Hino RM Jetbus 5 SHD Single Glass kepada PO Subur Jaya.

Selain unit tersebut, Karoseri Adiputro juga memperkenalkan Jetbus Roamer Monocoque 4×4 yang khusus untuk mengangkut pekerja tambang.

“Saya yakin, jika Ibu Kota Negara (IKN) sudah jadi, tentu akan membuat permintaan armada bus meningkat signifikan di Kalimantan,” tutur Jesse.

Permintaan Meningkat

Menurut Jesse, dengan banyaknya pesanan dari PO Bus, alhasil permintaan terus meningkat setiap tahunnya, bahkan saat ini melebihi kapasitas produksi.

Ia mengklaim bahwa tahun lalu, permintaan memang sudah menunjukkan tren kenaikan, tetapi belum menyentuh kapasitas produksi karoserinya.

“Tahun ini, permintaan meningkat lebih dari 15 persen dari awal 2024, sehingga kami bisa memaksimalkan kapasitas produksi dengan jumlah permintaan yang ada sampai beberapa bulan ke depan,” ungkapnya.

Menurutnya, permintaan yang tinggi ini tidak hanya dari Jawa, tetapi juga dari Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, dan juga perusahaan pertambangan.

“Di sisi lain, lembangunan jalan Tol Trans Sumatra yang terus bertambah panjang, mendorong timbulnya PO baru, yang akhirnya meningkatkan permintaan armada bus,” tutupnya.

86 kali dilihat, 3 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *