Toyota GR Yaris Dapat Pembaruan, Melantai di GIIAS 2024

Toyota New GR Yaris meluncur di giias 2024 - apakabar.co.id
Toyota New GR Yaris meluncur di GIIAS 2024. Foto: apakabar.co.id/DF

apakabar.co.id, TANGERANG – Selain meluncurkan Prius Hybrid, PT Toyota Astra Motor turut menghadirkan New GR Yaris dalam ajang GIIAS 2024.

GR Yaris adalah produk global yang dibangun dengan prinsip reverse engineering untuk digunakan dalam ajang balap World Rally Championship (WRC).

Pada 2021 lalu, mobil ini dijual secara terbatas sebanyak 127 unit yang langsung habis terjual. Oleh karena itu TAM mulai memasarkan kembali New GR Yaris sebagai evolusi dari model sebelumnya.

Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan hadirnya GR Yaris berawal dari kebutuhan homologasi WRC, yang mana aplikasi metode reverse engineering justru menciptakan race car berbasis hatchback yang masih sangat kompeten untuk mobilitas harian.

“Di GIIAS 2024, kami mengumumkan penjualan New GR Yaris. Harganya Rp1,15 miliar untuk transmisi manual dan Rp1,198 miliar untuk transmisi automatic (OTR DKI Jakarta),” ungkap Anton di Tangerang, Rabu (17/7).

“Kami juga menambahkan 1 warna baru yaitu Precious Metal menemani warna ikonik Platinum White Pearl dan Emotional Red,” tambahnya.

Secara garis besar, terdapat 4 poin pengembangan pada GR Yaris terbaru. Pertama 8-speed Gazoo Racing Direct AT mendampingi transmisi manual 6-speed yang tetap ada.

Transmisi pintar ini dites performa-nya oleh TGR World Rally Team serta peserta TGR Rally Challenge di berbagai lintasan balap.

TGR berhasil menciptakan transmisi otomatis yang sanggup menghasilkan perpindahan gigi sangat cepat, serta memaksimalkan engine power di semua rentang putaran mesin.

Mesin 1.600 cc 3-silinder turbo yang digunakan oleh GR Yaris merupakan salah satu mesin paling efisien dan powerful di dunia.

Namun, dapur pacu ini berhasil dimaksimalkan kembali kinerjanya hingga power meningkat signifikan dari sebelumnya 261 PS dan sekarang menyentuh angka 305 PS, sementara torsinya naik dari 360 Nm ke 400 Nm.

Opsi Drive Mode baru serta optimasi sistem 4WD GR Four juga disematkan untuk memaksimalkan peningkatan pada power.

Sekarang, pengendara bisa memilih 3 drive mode yang tersedia dengan karakteristik pengendalian yang berbeda; Sport, Normal, dan Eco.

Termasuk juga optimasi sistem GR Four melalui 3 mode yakni Normal, Gravel (Sebelumnya Sport), dan Track.

Panel kontrol dan monitor pada cockpit dimiringkan 15 derajat ke arah pengemudi untuk mempermudah pengoperasian.

Postur berkendara juga telah diperbaiki dengan menurunkan posisi duduk driver serendah 25 mm yang memperluas jarak pandang dan visibilitas secara signifikan.

Dari sisi eksterior, sisi kanan dan kiri bawah bumper depan kini merupakan struktur terpisah untuk mempermudah perbaikan dan penggantian parts jika diperlukan.

Ditambah perubahan desain bumper depan untuk air flow yang lebih baik dalam mendinginkan mesin dan ATF cooler.

Berkaca dari pengalaman Toyota GR Yaris Rally Hybrid di dunia rally, sasis mobil ini diperkuat yang memungkinkan pengemudi untuk pushing this car to the limit.

Body rigidity ditingkatkan melalui spot welding yang lebih banyak 13 persen penambahan body adhesive sebanyak 24 persen, serta 3-point suspension mounting method yang berdampak pada meningkatnya handling stability dan ride comfort.

Toyota Perkuat Ekosistem Motorsport Gazoo Racing di GIIAS 2024

Gazoo Racing (GR) menghadirkan line-up terbaru GR Pure di Indonesia dengan memajang New GR Yaris di Hall 5B ICE BSD City, Tangerang.

Selain menghadirkan 13 model GR di Indonesia, TAM juga memperkuat ekosistem utama brand GR yakni Motorsport, Community, dan Product.

TAM mengumumkan pengembangan kompetisi e-Motorsport Toyota Gazoo Racing (TGR) GT Cup.

Ada kategori baru yang memungkinkan pembalap untuk mengikuti kualifikasi di GR Zone seluruh Indonesia sehingga memperluas peluang pembalap virtual junior untuk berkompetisi.

Direktur Marketing TAM, Hiroyuki Oide mengungkapkan bahwa pihaknya memperkuat 3 pilar brand GR yakni Motorsport, Community, dan Product.

“Baik melalui kegiatan balap dan komunitas, maupun produk-produk yang dipasarkan,” ujar Hiroyuki.

Adapun ketiga pilar tersebut antara lain Pilar Motorsport, Pilar Community dan Pilar Product.

2 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *