Kencan Bareng Neta X Keliling Jakarta, SUV Listrik Pengendalian Asyik

Test drive Neta X - apakabar.co.id
Apakabar.co.id berkesempatan menjajal langsung impresi dari mobil listrik Neta X. Foto: apakabar.co.id/Farhan

apakabar.co.id, JAKARTA – Pada gelaran GIIAS Juli 2024, Lineup mobil listrik di Indonesia kedatangan Neta X. Sport Utility Vehicle (SUV) full electric dari PT Neta Auto Indonesia menjadi pemain baru dalam persaingan mobil listrik.

Bersaing dengan kompetitornya dari sesama negara Tiongkok seperti Chery Omoda E5 dan BYD Atto 3, Neta X seakan membuat penasaran para konsumen di Tanah Air.

Terlebih lagi, mobil ini hadir dengan konsep yang futuristik khas mobil jaman saat ini. Rasa penasaran itulah yang membuat tim apakabar.co.id ingin sekali menjajal rival dari Omoda E5 dan BYD Atto 3 ini.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, tim redaksi mendapatkan kesempatan yang tak boleh dilewatkan saat PT Neta Auto Indonesia mengadakan Media Test Drive Neta X di Jakarta.

“Kegiatan (media test drive) hadir agar rekan-rekan media maupun influencer dapat merasakan langsung performa serta fitur dan Electric Vehicle terbaru kami secara nyaman dan menyenangkan,” kata Managing Director Neta Auto Indonesia, Peter Zhang, di Jakarta, Jumat (20/9).

Menurutnya, media test drive ini juga hadir untuk menjawab rasa penasaran kami terhadap ‘pemain baru’ untuk kelas SUV listrik tersebut.

“Neta X adalah bukti nyata dari dedikasi kami dalam menghadirkan inovasi dan teknologi terkini, untuk membuat segmen kendaraan listrik di Indonesia semakin bergairah,” tutur Peter.

Sayangnya, kami tim redaksi hanya memiliki waktu dan tempat yang begitu singkat untuk menjajal. kendati begitu, hal ini tentunya kami maksimalkan untuk mencoba sensasi mobil ini.

Lantas seperti apa performa bahkan sensasi berkendara dari Neta X, berikut ulasan tim redaksi apakabar.co.id!

Performa Neta X

Menjajal performa Neta X di Jakarta - apakabar.co.id
Menjajal performa Neta X di Jakarta. Foto: apakabar.co.id/Farhan

Selama sesi pengetesan, kami dibebaskan untuk mengeksplorasi keliling kota Jakarta dengan rute sesuai dengan keinginan kami.

Mengawali kegiatan dari diler Neta Arista Tebet, kami pun langsung tancap gas mengeliling kota Jakarta dengan kepadatan dan kemacetan di beberapa ruas jalan.

Dalam pengetesan kami, performa Neta X untuk sekitaran dalam kota dirasa memiliki power dan tenaga yang cukup mumpuni. Bahkan, dengan fitur-fitur yang ada kami tak mengalami kendala berarti mengemudikan Neta X ini.

Tujuan pertama kami, yakni ke Gelora Bung Karno dan Monas. Melewati jalanan Jakarta di pagi menjelang siang dengan keriwehan jalanan Neta X memiliki keiritan konsumsi tenaga listriknya.

Selepas mencoba di ruas jalanan Ibu Kota, kami pun lantas menjajal Neta X di ruas jalan bebas hambatan (Tol).

SUV listrik yang dibekali dengan tenaga 120kW (175hp) dan torsi 210 Nm mampu membuat kami begitu terpukau dengan tenaga yang dikeluarkan.

Dengan torsi instan khas mobil listrik, tenaga yang dimuntahkan cukup responsif saat kami menginjak pedal gas mobil ini. Menyalip-nyalip di jalanan tol tak ada hambatan berarti.

Interior

Interior Neta X - apakabar.co.id
Interior Neta X. Foto: apakabar.co.id/Farhan

Masuk ke bagian interior. Pertama kali yang kami rasakan, Neta X memiliki segudang bahan-bahan material yang berkualitas.

Saat menyandarkan punggung ke jok pengemudi. Material kulit yang menyelimuti setip jok dirasa cukup berkelas. Terlebih, pada bagian handle pintu ditopang dengan bahan mix antara kulit dengan sueide.

Tak hanya itu saja, kesan sport dengan aura canggih pada bagian headunit menambah kenyamanan rasa berkendara pada Neta X tersebut.

Kendati demikian, untuk orang awam mengetes mobil listrik ini harus perlu waktu untuk penyesuaian fitur-fiturnya tersebut. Sebab, pengoperasinya pun dipusatkan pada headunit besar 15,6 incinya itu.

Bahkan, untuk pengaturan seperti buka sunroof atau sekedar melipat spion akses pengoperasiannya pun dilakukan dengan sentuhan-sentuhan pada layar headunit 15,6 inci ini.

Selain itu, headunit canggihnya pun juga dapat mengoperasikan entertainment penunjang kenyamaan kabin seperti mendengarkan musik atau pengunaan maps.

Posisi berkendara

Kokpit dari Neta X - apakabar.co.id
Kokpit dari Neta X. Foto: apakabar.co.id/Farhan

Beralih ke posisi berkendara, mobil ini tak perlu diragukan lagi untuk posisi mengemudinya. Setidaknya, bagi reviewer apakabar.co.id yang memiliki tinggi badan 174 cm, posisi duduknya cukup ideal.

Apalagi, baik di bangku penumpang depan dan jok pengemudi, Neta X telah disematkan fitur jok elektrik yang mempermudah pengemudi maupun penumpang untuk mencari posisi ideal duduk mereka.

Sementara untuk baris jok kedua. Ruang kaki hingga ruang kepala juga cukup untuk mengakomodir setidaknya dengan tinggi badan 174 cm.

Apalagi, dengan hadirnya panoramic sunroof yang membuat ruang kabin semakin terlihat luas saat tirainya pun dibuka penuh.

Pengendalian Apik

Menjajal impresi Neta X di Jakarta - apakabar.co.id
Menjajal impresi Neta X di Jakarta. Foto: apakabar.co.id/Farhan

Masuk ke bagian pengendalian, mobil listrik ini rasanya harus mendapatkan dua jempol. Bagaimana tidak, Neta sukses meracik sasis dan suspensi mobil crossover compact ini. Setidaknya dari impresi awal kami terhadap mobil SUV listrik ini.

Terlebih, mobil memiliki wheelbase yang lebih panjang dari kompetitornya yang membuat handling terasa solid untuk bermanuver di kecepatan tinggi.

Sebagai contoh saja, saat bermanuver di kecepatan 70-90 kpj dengan jalanan yang agak menikung di jalur tol, kami tak merasa ada bodyroll yang signifikan.

Selain itu, pengendalian apik dari Neta X ini juga didukung dengan fitur Advance Driver Assistance System (ADAS) yang membuat kita supaya lebih aman saat mengemudikan mobil tersebut.

Fitur lainnya seperti Lane Keeping Assist, Blank Spot Monitoring dan Forward Collision Warning juga sudah tersematkan di Neta X demi menjaga keamanan penumpang dimobil tersebut.

Kesimpulan

Kesimpulannya, setelah mengetes Neta X seharian keliling kota Jakarta, mulai dari Selatan kemudian ke Pusat hingga Utara, kami sadar Neta X ini layak dapat nilai positif.

Terlebih dengan rasa berkendara yang mumpuni. Daya pacunya yang terasa pas untuk harian di dalam kota hingga teknologi penunjang yang menarik di mobil tersebut.

Apalagi, dengan harga pre-book senilai Rp460juta – 490 jutaan, Neta X layak untuk masuk ke daftar pertimbangan untuk dibeli bagi para konsumen yang sedang mencari SUV listrik untuk kendaraan harian.

6 kali dilihat, 16 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *