apakabar.co.id, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sukses menggelar total 6 pameran Gaikindo di kota-kota strategis Indonesia sepanjang 2024.
Pameran Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) hadir di awal tahun yang diadakan pada 7-10 Maret 2024 di JCC, Senayan.
Kemudian di pertengahan tahun, ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) diselenggarakan pada 18-28 Juli 2024 di ICE BSD City, Tangerang.
Selanjutnya, berturut-turut rangkaian GIIAS the Series yang dimulai GIIAS Surabaya pada 28 Agustus – 1 September 2024.
Lalu, GIIAS Bandung yang diselenggarakan pada 25-29 September 2024 di Sudirman Grand Ballroom. Dan GIIAS Semarang pada 23-27 Oktober 2024 bertempat di Muladi Dome.
Terakhir, ada Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang digelar pada 22 November – 1 Desember di ICE BSD City, Tangerang.
Seluruh pameran Gaikindo mencatat hasil luar biasa bagi para agen pemegang merek (APM), dan memberikan kontribusi signifikan terhadap capaian industri otomotif Tanah Air.
Dengan dukungan penuh dari pemerintah, pameran yang menjadi bagian dari agenda pameran otomotif internasional ini menjadi bukti pertumbuhan, perkembangan dan perjuangan dari industri otomotif Indnesia.
Ketua Umum Gaikindo, Yohanes Nangoi, mengungkapkan bahwa seluruh rangkaian pameran tersebut menjadi catatan tantangan dan keberhasilan industri otomotif Indonesia.
“Rangkaian pameran otomotif ini adalah upaya kami untuk menunjukkan perkembangan dan prestasi industri otomotif Indonesia dan juga menjadi dorongan untuk pertumbuhannya,” kata Nangoi dalam siaran resminya, Selasa (17/12).
“Kami sangat bersyukur di tengah tantangan tahun ini, seluruh rangkaian pameran dapat berlangsung sukses, mencatat hasil yang sangat positif dan berkontribusi terhadap capaian industri tanah air,” tambah Nangoi.
Menurutnya, industri otomotif Indonesia menghadapi tantangan berkelanjutan, yang nampaknya masih akan berlanjut hingga tahun depan.
“Oleh karena itu pameran menjadi sangat penting sebagai salah satu faktor untuk mendorong gairah dan pertumbuhan pasar demi menjaga kelangsungan industri otomotif,” tukasnya.
Capaian Pameran Gaikindo Sepanjang 2024
Keberhasilan pameran Gaikindo di tahun ini tidak lepas dari partisipasi para merek otomotif yang menunjukkan besarnya minat global terhadap pasar otomotif Indonesia.
Berbagai unit kendaraan dengan inovasi dan teknologi terkini diluncurkan dan diperkenalkan mulai dari Indonesian Premier, Asian Premier, hingga World Premier.
Hal itu juga semakin memperkuat citra Indonesia sebagai salah satu pasar otomotif utama di kawasan Asia dan dunia.
Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah, mengungkapkan bahwa lebih dari 700.000 pengunjung hadir ke enam pameran sepanjang tahun ini.
“Selain itu, sepanjang 2024, pameran Gaikindo berhasil menjual 50 ribu unit kendaraan dengan total transaksi senilai Rp26 triliun,” terang Rizwan.
Ia menambahkan, bahwa Gaikindo juga mencatat capaian ribuan potensi bisnis yang terjadi pada pameran B2B GIICOMVEC 2024.
“Pameran ini turut memberikan kesempatan bagi para pelaku industri untuk memperluas jaringan dan menciptakan peluang bisnis baru,” pungkasnya.