apakabar.co.id, JAKARTA – Aparatur Sipil Negara (ASN) akan mendapatkan sejumlah fasilitas bila sudah pindah penugasan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), yang berlokasi di antara Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim).
Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN, Alimuddin menerangkan sejumlah fasilitas yang akan didapat ASN di antaranya fasilitas perkantoran dan digitalisasi yang mumpuni.
“Bahkan 70 persen dapat bekerja di mana saja dan 30 persen bekerja di kantor,” katanya di Sepaku, Penajam Paser Utara seperti dilansir Antara, Selasa (28/1).
Baca juga: Strategi OIKN Penuhi Kebutuhan Pangan Kota Nusantara
KN juga menyiapkan hunian, kantor dan fasilitas pendukung seperti air, listrik, dan fasilitas lainnya bagi ASN yang pindah ke Kota Nusantara.
Saat ini, kata Alimmudin, yang perlu disiapkan dengan baik menyangkut ketersediaan layanan dasar seperti fasilitas kesehatan dan pendidikan. Kedua fasilitas tersebut dinilainya untuk menunjang ASN beserta keluarga saat tinggal di Kota Nusantara.
“Penyediaan tempat ibadah juga jadi fokus OIKN untuk kepindahan ASN ke Kota Nusantara,” katanya.
Baca juga: Kabar Gembira! IKN Buka Lowongan Kerja Non-CPNS
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melakukan pendataan dalam memastikan perpindahan ASN ke Kota Nusantara dapat dilakukan tanpa ada kendala
OIKN terus aktif melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat menyangkut pemindahan ASN. Dikatakan pula bahwa belum dipastikan kepindahan tersebut.
“Perpindahan ASN dibutuhkan untuk bangun ekosistem perkotaan,” pungkasnya.