apakabar.co.id, JAKARTA – Setelah diluncurkan pada ajang IIMS 2024 dua bulan lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mulai melakukan pengiriman Jimny 5-door kepada para konsumen di Indonesia.
4W Marketing Director PT SIS, Harold Donnel mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya menjaga proses distribusi dan mengupayakan pelayanan terbaik untuk menjamin kepuasan pelanggan.
“Kami sudah mulai melakukan distribusi secara serempak ke berbagai daerah di Indonesia tepat setelah unit ini diluncurkan pada Februari 2024 lalu,” kata Harold dalam keterangan resminya, Kamis (18/4).
“Selain memastikan komitmen jumlah distribusi bulanan, kami juga memastikan untuk terus memberikan pelayanan yang informatif dan proaktif untuk memberi kepuasan pengalaman pembelian Jimny 5-door yang menyeluruh di segala aspek,” lanjutnya.
Setelah unit sampai ke tangan konsumen, beberapa konsumen yang telah menerima Jimny 5-door mengaku sangat senang dan puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh Suzuki Indonesia.
Melalui lima pelanggan yang diwawancarai Suzuki, mereka mengungkapkan kegembiraannya setelah mencoba langsung unit Jimny 5-door.
Menurut cerita yang dibagikan beberapa pelanggan pertama Jimny 5-door yang inden sejak Desember 2023, mereka memang merupakan pencinta otomotif, khususnya mobil 4×4, dan telah lama memantau informasi tentang Jimny 5-door di luar negeri.
Disampaikan oleh dr. Wedo (50 tahun), dirinya dulu anggota komunitas Jimny 3-door dan saat kuliah menggunakan Katana sebagai mobil harian.
“Sebenarnya sejak 202i,, dokter asal Tegal, Jawa Tengah itu sudah memantau Jimny 5-door dan menantikan kehadirannya di Indonesia.
“Kemudian setelah ada kabar indent saya langsung pesan, ternyata dilayani dengan baik dan unit juga langsung sampai di bulan Februari,” tuturnya.
Bersamaan dengan tingginya antusiasme pasar dan komitmen terhadap ketersediaan unit, PT SIS telah memulai proses distribusi sejak peluncuran Jimny 5-door dilakukan.
Pada minggu yang sama, konsumen batch pertama di seluruh Indonesia telah menerima produk dan sudah bisa menggunakannya.
Seperti Agustinus (48 tahun) yang berdomisili di Medan, Sumatra Utara. Ia mnegaku tahu informasi pemesanan dari teman-teman di komunitas Jimny.
“Tanpa pikir panjang saya langsung lakukan pemesanan, dan di minggu yang sama dengan peluncuran itu sudah langsung dapat produk. Cepat sekali,” ungkapnya.
Untuk memastikan unit secara serempak tersedia di seluruh wilayah Indonesia, pengiriman untuk Indonesia Bagian Timur dilakukan lebih awal sehingga unit sudah tersedia pada Februari.
Dinyatakan oleh Untung Mulyono (45 tahun) yang berasal dari Manokwari, Papua Barat bahwa dirinya sudah punya Jimny 3-door dan dulu keluarga juga pernah punya Suzuki Caribian.
Kemudian ia baca di media akan ada unit Jimny 5-door yang masuk ke Indonesia, saya terus pantau informasinya.
“Ketika pengumuman resmi sudah keluar, saya langsung datang ke dealer Suzuki di Manokwari untuk pesan, dan unit di bulan Februari saya sudah terima produknya,” ungkap Untung.
Tampilan otentik dan lebih praktis
Desain Jimny 5-door berhasil memenuhi ekspektasi para penggemarnya karena tetap mengusung bentuk dan lekuk garis bodi otentik milik model terdahulunya.
Yoga Nirmolo (48 tahun), seorang penggemar mobil klasil yang tinggal di Jakarta Selatan menyampaikan kalau mobil pertama saat belajar menyetir ialah Jimny SJ410.
Kemudian saat tahu Jimny 5-door mengusung desain yang khas karakter Jimny sia jadi yakin harus jadi orang pertama yang punya (mobil ini).
“Terlebih kini sudah 5 pintu, jadi saya rasa ini adalah definisi dari mobil paket komplit karena menjadi mobil hobi tapi sekaligus juga mobil keluarga,” paparnya.
Desain Jimny 5-door dengan penyematan pintu pada baris kedua semakin memudahkan penumpang.
Di samping mobil hobi, beberapa pengguna juga memakainya sebagai mobil keluarga untuk berlibur.
Misalnya seperti MM (44 tahun) dari Banjarmasin, Kalimantan Tengah yang mengatakan dirinya sudah pakai mobil ini di jalan menantang dan rasanya sangat stabil.
Fitur-fitur keamanannya menueut dia juga berfungsi dengan sangat baik, ditambah dengan ruang yang lega untuk bawa keluarga.
“Saya sudah berencana untuk pergi berlibur dengan keluarga menggunakan Jimny 5-door ini karena untuk mencapai ke daerah-daerah wisata di Kalimantan rasanya jadi lebih percaya diri,” urai MM.
Performa Jimny 5-door yang terjamin
Dengan kekayaan karakteristik medan jalanan di Indonesia, Jimny 5-door membuktikan dirinya layak untuk menjadi mobil andalan para penggunanya.
Untung, salah satu pelanggan dari timur Indonesia bercerita bagaimana fitur dan ketangguhan Jimny 5-door menyusuri daerah pegunungan Papua Barat dengan sangat memuaskan.
Untuk kerja dan kehidupan sehari-hari disini menurutnya mobil 4×4 itu sudah seperti kebutuhan.
“Setelah unit sampai, kurang lebih selama dua bulan pemakaian untuk kegiatan seperti berkebun, ke hutan, dan memancing, performa Jimny 5-door memang sudah tidak diragukan lagi mampu untuk melewati medan perjalanan di Manokwari yang banyak daerah pegunungan dan tanjakan. Bahkan dengan kondisi full penumpang dan barang mobil masih kuat untuk menanjak dan stabil,” ungkap Untung.
Hal serupa juga disampaikan Agustinus yang mencoba langsung performa Jimny 5-door dalam mobilisasi pekerjaannya di daerah Sumatra Utara – Sumatra Barat.
“Sebagai pecinta offroad, sudah lama saya mengincar mobil ini. Saya merasa sangat cocok sekali dengan kebutuhan, baik untuk hobi maupun untuk kendaraan harian bekerja,” ujarnya.
“Kalau dari mesin saya sudah tidak ragu lagi pada Suzuki, kini sudah ada ribuan kendaraan angkutan umum di bisnis saya berasal dari Suzuki,” sambung Agustinus.
Menilik lebih dalam tentang pengalaman Agustinus, ia menjelaskan bahwa Jimny 5-door sangat nyaman ketika digunakan untuk perjalanan jauh dengan kecepatan 120 km/jam.
Sejauh ini, ia menggunakan Jimny 5-door masih untuk perjalanan yang semi menantang, tapi sebelumnya membawa mobil tersebut untuk dinas ke Sumatra Barat dengan kecepatan jalan 120 km/jam mobil tetap stabil, dan di medan semi offroad smerasa suspensinya luar biasa sekali.
“Jadi saya rasa pengalaman berkendara dengan Jimny 5-door ini sangat memuaskan,” tambah Agustinus.
Tenaga pelayan yang informatif dan komunikatif
Selain mengedepankan inovasi produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Suzuki berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui wiraniaga yang sigap untuk melayani seluruh pelanggan setia.
Melalui setiap diler resmi, wiraniaga Suzuki secara aktif memberikan informasi secara berkala agar calon konsumen dapat terus memantau perkembangan produk yang dinantikannya.
MM juga mengungkapkan rasa bahagianya ketika dihubungi oleh wiraniaga Suzuki mengenai produk yang telah tersedia.
“Menurut pengalaman saya sendiri, sales Suzuki di Banjarmasin sangat aktif memberikan informasi terbaru ke pelanggan secara terus menerus. Bahkan informasi tersebut tidak perlu saya tanyakan terlebih dahulu, jadi saya selalu mendapat update terbaru. Sehingga saya bisa memantau perkembangan dari proses indent Jimny 5-door saya hingga produk datang saat itu,” ujar MM.