Sempat Down, WhatsApp, Instagram dan Facebook Akhirnya Pulih

Ilustrasi - Logo WhatsApp. Foto: ANTARA

apakabar.co.id, JAKARTA – Aplikasi WhatsApp, Instagram dan Facebook milik grup Meta berangsur pulih setelah sempat mengalami down (pemadaman) pada Kamis (4/4) dini hari.

Situs pelaporan pemadaman aplikasi Downdetector menunjukkan pengguna WhatsApp di berbagai negara, termasuk Indonesia melaporkan aplikasi tersebut tidak bisa digunakan sekitar pukul 01.16.  Pengguna mengeluhkan tidak bisa mengakses aplikasi  WhatsApp sebanyak 68 persen dan 26 persen melaporkan tidak bisa menerima pesan.

Laporan soal WhatsApp mengalami down antara lain berasal dari Jakarta dan Surabaya. Pengguna di Malaysia dan Singapura juga melaporkan masalah yang sama. Semengtara di negara asalnya, Amerika Serikat, pengguna WhatsApp juga mengalami masalah serupa, antara lain di New York.

Masalah pada media sosial Facebook juga terjadi pada waktu yang hampir sama. Menurut situs Downdetector, keluhan pada aplikasi situs web sebanyak 50 persen, mengeluhkan soal komentar (29 persen) dan unggahan (21 persen).

Sementara pada Instagram, laporan gangguan di situs Downdetector berlangsung antara pukul 01.30 hingga 05.00 di Indonesia. Keluhan tersebut meliputi koneksi server (49 persen), aplikasi (31 persen) dan profil (19 persen).

Uji coba pada sekitar pukul 05.00 WIB memperlihatkan laman feed (kabar berita) Instagram sedikit sulit diperbarui, sementara WhatsApp dapat digunakan seperti biasa.

Akibat gangguan tersebut warganet mengeluhkannya melalui platform X (Twitter) hingga kedua aplikasi tersebut menjadi trending topic. Melalui akun resmi di X, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka sudah kembali normal.

“Dan kami kembali. Selamat berkirim pesan,” terang WhatsApp.

WhatsApp sebelumnya juga menyatakan telah mengetahui gangguan tersebut dan berupaya memperbaikinya sesegera mungkin.

1,862 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Jekson Simanjuntak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *