Starlink Hadir di Indonesia, APJII: Jangan Lupakan Nasib ISP Lokal

Ketua Umum APJII Muhammad Arif saat menghadiri Perayaan HUT ke-28 APJII di Jakarta, Rabu (15/5/2024). Foto: ANTARA

apakabar.co.id, JAKARTA – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) meminta pemerintah untuk tetap memperhatikan nasib internet service provider (ISP) lokal, meski layanan internet berbasis satelit Starlink yang dikelola oleh Elon Musk hadir di Indonesia.

“APJII mendorong setidaknya kalau ada hal-hal baru, itu tidak merusak ekosistem yang sudah ada. Bagaimanapun juga banyak pengusaha lokal yang harus dijaga, eksistensinya dan lain-lain,” kata Muhammad Arif, Ketua Umum APJII usai menghadiri HUT ke-28 APJII di Jakarta, Rabu (15/5).

Kehadiran Starlink di Indonesia, ujar  Arif, tidaklah untuk menolak seiring perkembangan teknologi baru di tengah masyarakat. Terlebih kini, salah satu persoalan komunikasi yang sedang dihadapi berkaitan dengan konektivitas. Kehadiran Starlink merupakan sebuah upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Dalam perkembangannya, APJII juga telah mndorong pihak Starlink agar mengurus izin sebagai ISP legal dan rajin membayar pajak.

“Jadi nomor satu APJII mendorong kerja sama, kalau ada pelayanan yang baik kita buka kerja sama, baik itu bersama reseller maupun kerja sama B2B itu terserah secara perusahaan. Tapi tetap ada ruang untuk bekerja sama walaupun mungkin mereka tetap akan jual ritel atau secara langsung,” papar Arif.

Namun yang terpenting, kata Arif, pemerintah terutama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tidak boleh meninggalkan ISP lokal yang telah berjasa berkontribusi pada pendapatan negara. Pemerintah tetap perlu mendukung kepentingan nasional (national interest) yang dijadikan sebagai fokus utama pembangunan infrastruktur jaringan.

Di sisi lain, Arif membeberkan, pihaknya telah mendorong Starlink untuk menjadi anggota APJII dan penyelenggara jasa komunikasi legal. Proses pendaftaran pun dikatakannya telah berjalan dan kemungkinan akan diresmikan dalam waktu dekat.

“Harusnya segera, lagi on process ya, mungkin bulan depan mereka sudah jadi anggota. ISP saja (yang jadi anggota APJII) setahu saya sudah 1.044 dan yang terdaftar reseller itu sudah 20.000,” kata Arif.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi menyebutkan Elon Musk akan melakukan pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di sela perhelatan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Meski demikian, Budi tidak membeberkan detail terkait hal apa saja yang akan dibahas presiden bersama dengan pemilik layanan internet satelit Starlink tersebut. Terkait potensi kerja sama antara pemerintah dengan layanan Starlink, Budi mengungkapkan pihaknya akan membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut di dalam rapat kerja.

995 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Jekson Simanjuntak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *