GIIAS 2025: Hino Rilis Aplikasi Hino Connect Driver, Bantu Pelanggan Kelola Armadanya

Hino meluncurkan Aplikasi Hino Connect Driver di GIIAS 2025 - apakabar.co.id
Hino meluncurkan Aplikasi Hino Connect Driver di GIIAS 2025. Foto: dok. HMSI

apakabar.co.id, TANGERANG – Bersamaan dengan ajang GIIAS 2025, PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) meluncurkan aplikasi Hino Connect Driver untuk membantu pelanggan mengelola armadanya.

Hino Connect Driver merupakan aplikasi telematika pintar yang dirancang khusus untuk pengemudi truk maupun bus Hino agar armadanya lebih efisien, aman, dan produktif.

Presiden Direktur HMSI, Takashi Muto mengatakan bahwa pihaknya meyakini kalau pengemudi bukan sekadar pelaksana, tapi mitra penting dalam bisnis transportasi pelanggan.

“Hino Connect Driver adalah wujud nyata dari upaya kami mendekatkan teknologi kepada pengemudi agar mereka bisa memahami, mengevaluasi, dan meningkatkan kinerjanya,” kata Muto di GIIAS 2025, Selasa (29/7).

Sejak diperkenalkan pada 2020, Hino Connect telah menjadi standar sistem telematika OEM (Original Equipment Manufacturer) yang tertanam pada semua kendaraan Hino, baik truk Hino 300 Series, 500 Series, maupun bus.

Hingga kini, lebih dari 120.000 unit kendaraan telah menggunakan sistem ini, menjadikannya salah satu layanan telematika terpercaya di industri kendaraan niaga Indonesia.

Di balik keberhasilan itu, yang mendorong lahirnya aplikasi ini yaitu untuk memberikan perhatian kepada pengemudi sebagai ujung tombak operasional armada.

Mereka sebelumnya belum memiliki akses langsung ke data performa driver sendiri, dan kini berkat Hino Connect semua teratasi.

Aplikasi berbasis android ini memungkinkan untuk memberikan akses langsung kepada pengemudi terhadap data telematika kendaraan yang mereka operasikan.

Aplikasi ini dirancang user-friendly, sehingga dapat digunakan oleh pengemudi dari berbagai latar belakang tanpa memerlukan perangkat gawai dengan spesifikasi tinggi.

Melalui aplikasi ini, pengemudi dapat melihat scorecard yang merekam perilaku mengemudi seperti akselerasi mendadak, pengereman, atau kecepatan berkendara.

Selain itu, pengemudi juga mendapat pengingat servis berkala berdasarkan jarak tempuh kendaraan.

Di aplikasi ini juga bisa melakukan evaluasi performa harian, untuk meningkatkan kualitas dan keselamatan berkendara.

Ditambah lagi bisa mengaktifkan fitur pemindaian QR code untuk mengaitkan diri dengan unit kendaraan secara langsung. Serta menggunakan fitur pengenalan wajah (face recognition) untuk keamanan dan akurasi.

Selama ini, akses data telematika hanya tersedia di ruang monitoring atau kontrol operasional armada.

Aplikasi Hino Connect Driver menjembatani kesenjangan tersebut, dan menjadi alat komunikasi dua arah antara pengemudi dan manajemen armada.

“Dengan aplikasi ini, pelanggan dapat menurunkan biaya operasional seperti konsumsi bahan bakar dan maintenance. Pengemudi juga merasa lebih dihargai karena punya kontrol terhadap performa mereka,’ tutup Muto.

6 kali dilihat, 6 kunjungan hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *