apakabar.co.id, TANGERANG – PT Garuda Mataram Motor (GMM), Agen Pemegang Merek (APM) Volkswagen di Indonesia mengumumkan kolaborasi dengan Kementerian Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif (EKRAF) dalam ajang GIIAS 2025.
Kolaborasi ini untuk mendukung ekosistem kreatif nasional, mempertemukan dunia otomotif, kreativitas, dan budaya dalam satu semangat kolaborasi.
Sejak awal 2025, Volkswagen Indonesia sudah mengusung semangat “New Buzz in Life”, mengajak masyarakat merayakan ekspresi diri melalui kehadiran ID. BUZZ.
Di GIIAS 2025, mereka menggandeng mitra dari berbagai industri, komunitas, dan seniman lokal yang berbagi visi inovasi dan keberlanjutan.
Kolaborasi ini terwujud melalui tiga pilar utama, yakni Live Painting Collaboration, yang dimulai di Jogja Volkswagen Festival 2025, dan berlanjut di GIIAS 2025.
Dua IP (Intellectual Property) Creator lokal binaan EKRAF, yakni Beemala dan Tenka Street, menuangkan karya mereka langsung di bodi ID. BUZZ.
Ini menjadikan mobil bukan sekadar simbol mobilitas masa depan, tetapi juga medium ekspresi seni.
Sepanjang GIIAS 2025, para seniman akan melakukan proses live painting di booth VW, sementara hasil akhirnya akan diperkenalkan resmi pada 1 Agustus 2025.
Pilar kedua ialah Design Competition, kompetisi desain bagi seniman muda binaan EKRAF untuk menciptakan desain khas ID. BUZZ. Pemenang kompetisi akan diumumkan menjelang akhir 2025.
Terakhir pilar ketiga, EKRAF Corner, platform di booth Volkswagen yang menampilkan karya Beemala dan Tenka Street, sekaligus menjadi momentum pertemuan kreator dengan khalayak luas.
Wakil Menteri Ekonomi Kreatif RI, Irene Umar mengatakan kolaborasi Volkswagen dengan IP Beemala Tenka yang seperti hidden gem jadi contoh kolaborasi kreatif lintas sektor, termasuk dengan otomotif.
“Kami akan terus membawa kolaborasi nyata, membawa pejuang kreatif untuk dikenal dan berdampak di nasional hingga kancah global,” ujarnya di Tangerang, Rabu (23/7).
Sementara itu, Head of Sales & Marketing, Volkswagen Indonesia, Ahmad Badawi, mempercayai, kolaborasi ini sekadar menghadirkan karya, tetapi juga menjadi gerakan budaya yang mempersatukan komunitas dan membuka ruang bagi kreativitas generasi muda.
“Kami terus memperluas kolaborasi dengan mitra kreatif yang berbagi semangat tentang cerita, gaya hidup, dan keberlanjutan,” ucapnya.
Di samping itu, VW berkolaborasi dengan Filosofi Kopi, yang perjalanannya tak lepas dari Volkswagen T2 (Kombi) legendaris Filosofi Kopi — bahkan diabadikan dalam film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody — Volkswagen merayakan hubungan yang telah terjalin lama.
Di GIIAS 2025, pengunjung diajak untuk menikmati kopi khas Filosofi Kopi langsung dari van ikonik tersebut sembari menilik merchandise edisi khusus Volkswagen x Filosofi Kopi.
Begitu pula dengan Frank Green, brand asal Australia yang dikenal dengan komitmen kuat terhadap lingkungan dan desain penuh karakter.
Kolaborasi ini menghadirkan tumbler edisi khusus Volkswagen x Frank Green, sebuah ajakan untuk menjadikan gaya hidup berkelanjutan sebagai bagian dari keseharian yang dipersonalisasi, penuh warna, dan berdampak.
Penawaran Volkswagen di GIIAS 2025
Di GIIAS 2025, Volkswagen Indonesia juga menampilkan ID. BUZZ varian khusus dengan opsi personalisasi.
Penampilannya menginspirasi publik untuk melihat kendaraan sebagai perpanjangan karakter dan gaya hidup, mulai dari pilihan warna hingga modifikasi eksterior dan interior (Swivel Seats).
Volkswagen Indonesia juga turut menghadirkan penawaran eksklusif untuk ID. BUZZ selama GIIAS berlangsung.
Mulai dari program pembiayaan nol persen hingga 1 tahun, bonus Wall & Portable Charger dan Program Free Charging hingga 50.000 km di seluruh jaringan SPKLU di Indonesia.
Tidak hanya ID. BUZZ, terdapat penawaran menarik untuk Tiguan Allspace. SUV modern dan sporty tersebut bisa dibanderol mulai dari Rp598 juta.
Ditambah lagi berbagai aktivitas interaktif di media sosial termasuk IG Reels Competition dan Vintage Photo Competition.