apakabar.co.id, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) menutup gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 dengan capaian positif.
Sebanyak 1.908 surat pemesanan kendaraan (SPK) berhasil dibukukan sepanjang 24 Juli hingga 3 Agustus 2025 lalu.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Brio masih menjadi ujung tombak penjualan dengan torehan 941 unit atau separuh dari total SPK Honda.
Namun, sorotan tahun ini tak lepas dari kinerja lini hybrid yang menguasai sekitar 30 persen pemesanan, dipimpin HR-V Hybrid 412 unit dan pendatang baru Step WGN e:HEV yang terjual 101 unit.
Sisanya, sekitar 20 persen, diisi oleh model-model lain yang memperkuat portofolio Honda di semua segmen.
Ajang ini juga menjadi panggung prestasi bagi Honda. STEP WGN e:HEV menyabet gelar MPV Favorit Pilihan Jurnalis.
Sementara, Super EV Concept memikat pengunjung dan dinobatkan sebagai Mobil Konsep Favorit Pilihan Konsumen.
Sales & Marketing and After Sales Director HPM, Yusak Billy menegaskan bahwa capaian SPK tahun ini sebanding dengan 2024, namun dengan tren positif di segmen pembeli mobil pertama dan peminat hybrid.
“Model seperti Brio dan lini hybrid mencatat peningkatan, sesuai fokus kami mempertahankan penetrasi ke segmen pembeli mobil pertama dan peminat hybrid,” ujar Billy dalam siaran persnya, Kamis (7/8).
Pasar yang Dinamis
Pencapaian ini menjadi catatan penting bagi Honda di tengah persaingan sengit dengan merek-merek lain yang juga menonjolkan teknologi ramah lingkungan.
Di pasar domestik, segmen small car dan compact SUV terus tumbuh, sementara kendaraan hybrid mulai meraih porsi signifikan berkat insentif pemerintah dan kesadaran konsumen terhadap efisiensi energi.
Dengan kombinasi model populer seperti Brio dan jajaran hybrid yang semakin kuat, Honda tampaknya siap mempertahankan posisinya di tiga besar pasar otomotif nasional.
Ini juga sekaligus siap mengawal transisi menuju era kendaraan rendah emisi di Indonesia.