Hasil Nabung, Kuli Bangunan di Cianjur Pasang Bendera Merah Putih Sepanjang 450 Meter

Rosadi (54) seorang kuli bangunan asal Cianjur, bentangkan bendera panjang 450 meter. Foto: apakabar.co.id/ Riski M

apakabar.co.id, CIANJUR – Rosadi (54) seorang kuli bangunan asal Kampung Darmaga, Desa Sukaratu, Kecamatan Bojong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat berhasil membentangkan bendera merah putih sepanjang 450 meter.

Hal tersebut dilakukannya sebagai bentuk kecintaan dalam menyambut HUT kemerdekaan ke 79 Republik Indonesia. Ia membentangkan bendera tersebut di jalan protokol di desanya dan dinobatkan menjadi yang terpanjang se-Cianjur.

Rosadi mengungkapkan, bendera yang ia bentangkan tersebut merupakan hasil jerih payahnya selama ini, saat bekerja menjadi kuli bangunan.

“Nah sekarang saya pasang 450 meter, ya sampai sekarang biayanya saya kumpul-kumpulin dari hasil kuli. Terus saya tabung saya beli bahan dan dijahit oleh adik saya,” tuturnya, Senin (5/8).

Rosadi merasa bangga bisa membentangkan bendera terpanjang di Cianjur. Namun yang terpenting, katanya, bendera tersebut berasal dari hasil jerih payahnya menabung selama belasan tahun.

“Ini saya sudah keempat kalinya membentangkan bendera panjang ini. Tahun 2021 saya pasang 120 meter, 2022 sepanjang 220 meter, tahun ketiga 2023, 300 meter dan tahun ini saya tambah jadi 450,” jelasnya.

Ia mengaku sejak lama bercita-cita ingin membentangkan bendera merah putih di momen hari kemerdekaan Indonesia. Hal itu sebagai bentuk kecintaannya terhadap NKRI.

“Selain itu, saya juga ingin memotivasi semangat nasionalisme warga lainnya terhadap kemerdekaan dengan cara menghargai jasa-jasa para pahlawan,” katanya.

Rosadi berharap, di tahun-tahun mendatang ia masih bisa membentangkan bendera dengan ukuran yang lebih panjang. Dengan begitu, masyarakat akan semakin menghargai arti penting kemerdekaan.

“Saya harap, kalau tahun depan saya pengen benderanya lebih panjang mencapai 700 hingga 1000 meter,” tutupnya.

1,697 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Jekson Simanjuntak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *