Intip Canter FE 84 G yang Disulap Jadi VAR Mobile di Laga Liga 1 2024/2025

Melihat Fuso Canter FE 84 G yang disulap jadi Var Mobile di Liga 1 2024-2025 - apakabar.co.id
Melihat Fuso Canter FE 84 G yang disulap jadi Var Mobile di Liga 1 2024-2025. Foto: dok. KTB

apakabar.co.id, JAKARTA – Setelah dipamerkan di GIIAS 2024, Mitsubishi Fuso Canter FE 84 G yang disulap menjadi Video Assistant Referee atau VAR Mobile mulai dioperasikan dalam pertandingan Liga 1 Musim 2024/2025.

Liga Indonesia Baru (LIB) mencetuskan ide VAR Mobile ke dalam sebuah truk yang dapat dimobilisasi ke stadion-stadion di seluruh Indonesia, seperti laga pembuka antara Persib Bandung vs PSBS Biak di Stadion Jalak Harupat, Jumat (9/8).

LIB memilih sasis Canter FE 84 G sebagai truk yang ideal dan memenuhi standar untuk dijadikan ruang VAR karena varian ini memiliki dimensi yang lebar sehingga memberikan kapasitas ruang yang besar.

Canter FE 84 G menggendong mesin 4V21-2AT1 dengan tenaga 136 PS dan torsi maksimal 43kgm yang didapat pada rentangan rpm sebesar 1.500 – 2.500.

Menurut Supervisor Football Technology & Innovation LIB, Ahmad Ikrom Maulana, ketika adanya perpindahan lokasi di lapangan, dengan adanya Truk VAR ini bisa memindahkan alat-alat VAR lebih mudah.

“Jadi kita memilih mobil yang cukup untuk memasukkan alat kita dan memang ada standar ukuran minimalnya untuk membuat ruangan VAR itu,” ujar Ikrom dalam keterangan persnya, Jumat (23/8).

Ruang VAR Mobile di dalam Fuso Canter FE 84 G - apakabar.co.id
Ruang VAR Mobile di dalam Fuso Canter FE 84 G. Foto: dok. KTB

Pada kesempatan yang sama, Manager Media & Communication LIB, Hanif Marjuni menjelaskan bahwa untuk pembuatan satu unit VAR Mobile memakan waktu sekitar enam bulan.

“Saat ini LIB memiliki 12 armada yang tersebar di beberapa daerah untuk menjangkau stadion-stadion yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Hanif mengatakan bahwa LIB harus mencari kendaraan yang tangguh di segala medan, karena mobilitas truk VAR akan bergerak ke daerah lainnya di seluruh Indonesia.

“Pertimbangan kita adalah pilih yang tangguh, karena mobil ini akan rolling dan berpindah ke seluruh Indonesia, jadi itu bagian dari pertimbangan kami, bagaimana bisa menyediakan satu mobil yang semuanya mumpuni untuk alat-alat VAR,” tukasnya.

Sementara itu, General Manager of Business Communication PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Sudaryanto mengatakan produk Canter sudah terbukti ketangguhannya dan selalu menjadi favorit masyarakat dengan dominasi penjualan mencapai 52,9 persen.

“Kehadiran truk VAR ini tidak hanya merupakan bentuk dukungan kami terhadap sepak bola Indonesia, tetapi juga menjadi pembuktian bahwa Mitsubishi Fuso dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan bisnis dan lembaga, di berbagai industri,” ujarnya.

26 kali dilihat, 2 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *