Jokowi Soroti Keterjangkauan Harga Transisi Energi RI

Presiden Joko Widodo memberikan sambutan pada Pembukaan 10TH Indonesia International Geothermal Convention and Exhibition Tahun 2024 di Jakarta, Rabu (18/9/2024). Foto: Antara

apakabar.co.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyoroti transisi energi yang dilakukan di negara berkembang, khususnya di Indonesia dihadapkan dilema keterjangkauan harga untuk konsumen.

“Problemnya selalu di situ (keterjangkauan harga),” kata Jokowi dalam sambutan Pembukaan 10TH Indonesia International Geothermal and Exhibition 2024 di Jakarta, Rabu (18/9).

Jokowi menerangkan Indonesia berkomitmen menjadi bagian penting dan langkah-langkah dunia dalam membangun ekonomi hijau, mengembangkan ekonomi hijau, serta melakukan transisi menuju energi hijau.

Baca juga: Luhut Pastikan Transisi Energi Pacu Pengembangan Industri Hijau

Namun di sisi lain, untuk melakukan transisi hijau itu, keterjangkauan harga hingga akses energi hijau yang berkeadilan untuk masyarakat masih menjadi permasalahan.

Selain itu, ia juga menekankan pemanfaatan teknologi energi hijau yang tidak terbuka sehingga tidak optimal.

“Saya juga paham dunia usaha pasti memiliki hitung-hitungan sendiri, memiliki kalkulasi sendiri, memiliki pertimbangan-pertimbangan baik urusan turnover, masalah yang berkaitan dengan keuntungan, dan yang lain-lainnya,” jelasnya.

8 kali dilihat, 8 kunjungan hari ini
Editor: Bethriq Kindy Arrazy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *