apakabar.co.id, JAKARTA – Suzuki siap menggelontorkan dana investasi senilai Rp5 triliun untuk menambah kapasitas dan fasilitas pabrik di Indonesia pada 2025 ini.
Hal itu diungkapkan oleh Direktur PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Shodiq Wicaksono dalam acara Media Gathering 2025 di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (17/1).
Dikatakannya, dana ini akan dialokasikan untuk meningkatkan kapasitas dan fasilitas produksi di berbagai pabrik yang mereka miliki di Indonesia.
“Dana investasi Rp5 triliun tersebut salah satunya untuk peningkatan fasilitas pabrik yang ada sekarang,” kata Shodiq.
Melalui dana segar ini, pabrikan otomotif asal Jepang ini berharap dapat meningkatkan kapasitas produksi, serta menghadirkan kendaraan baru dengan teknologi yang lebih modern dan efisien.
Seperti diketahui, Suzuki memiliki tiga pabrik utama di Indonesia. Pertama, pabrik peraktian mesin mobil dan motor yang terletak di Cakung, Jakarta Timur, dengan luas 85.000 meter persegi.
Lalu, pabrik kedua berada di Bekasi, Jawa Barat, yang terdiri dari dua plant, yaitu plant satu seluas 124.000 meter persegi untuk manufaktur bodi dan perakitan.
Kemudian plant dua seluas 423.839 meter persegi yang berfungsi untuk memproduksi komponen dan perakitan kendaraan.
Ketiga, yang menjadi pabrik terbesar Suzuki ada di Kawasan Industri GIIC, Cikarang, Bekasi, dengan luas 1,3 juta meter persegi.
Pabrik ini bertugas memproduksi bodi, mesin, transmisi, serta komponen-komponen kendaraan lainnya.
Sejumlah perangkat yang dirakit di pabrik ini antara lain mesin 1.000cc yang pernah digunakan Karimun dan mesin K15B 1.500cc yang digunakan oleh Ertiga, XL7, Carry, dan Jimny.
Di sisi lain, selain untuk pengembangan pabrik, produsen berlogo S ini juga berencana menghadirkan kendaraan terbaru di segmen SUV.
Direktur Pemasaran 4W PT PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel memaparkan bahwa pihaknya akan menghadirkan model-model kendaraan baru pada paruh pertama tahun 2025.
“Semester satu kami merencanakan peluncuran produk baru yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan konsumen. Segmen yang akan kami sasar rencananya adalah SUV,” pungkasnya.
Selain menghadirkan model kendaraan baru, Suzuki selama 2025 juga bakal melakukan penyegaran tampilan kendaraan-kendaraan yang sudah eksis di Indonesia.