Akumindo Optimis TikTok-Tokopedia Bakal Perluas Pasar UMKM

Bergabungnya TikTok-Tokopedia dinilai dapat memicu minat konsumen untuk berbelanja. Kondisi tersebut mendorong penjualan produk UMKM.

Ilustrasi platform TikTok-Tokopedia. Foto Shutterstock

apakabar.co.id, JAKARTA – Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) optimis bergabungnya dua perusahaan raksasa TikTok dan Tokopedia bakal memperluas jangkauan pasar bagi pelaku UMKM.

“Secara sederhana kita harus melihat bahwa mereka (TikTok dan Tokopedia) membuat pasar lebih besar,” ujar Sekretaris Jenderal Akumindo, Edy Misero di Jakarta, Rabu (24/4).

Edy menerangkan perpaduan kedua perusahaan digital tersebut bakal semakin membantu UMKM dapat menjangkau banyak konsumen potensial.

Dengan adanya pasar baru, kata Edy, konsumen juga cenderung akan semakin rajin untuk berbelanja. Kondisi tersebut akan membuka peluang bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Di sisi lain prinsip sederhana mergernya TikTok dan Tokopedia untuk meningkatkan minat konsumen berbelanja. Termasuk membuka peluang lebih besar bagi UMKM untuk memasarkan produk mereka dengan lebih baik.

Setelah Tiktok mengumumkan kerja samanya dengan Tokopedia pada 12 Desember 2023, Tokopedia pada awal bulan ini menyatakan bahwa proses migrasi Tiktok Shop ke Tokopedia sudah rampung pada 27 Maret 2024. Migrasi ini disebut telah memenuhi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023.

Seiring dengan selesainya proses migrasi ini, TikTok Shop berganti nama menjadi Shop Tokopedia.

Kementerian Perdagangan mengatakan pada Shop Tokopedia telah memiliki Tanda Daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (TDPSE) yang dikeluarkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

11 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *