News  

Hasil Survei Pilkada Solo 2024, Mangkunegara X Jadi Favorit

KGPAA Mangkunegara X ditemui di Pracima Tuin Pura Mangkunegaran. Foto: apakabar.co.id/Fernando Fitusia

apakabar.co.id, JAKARTA – Pengageng Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunagoro X menjadi favorit dalam Pilkada Solo 2024.

Hal tersebut dilihat dari hasil survei Soloraya Polling yang dirilis oleh Dekan FISIP Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Suwardi.

Bahkan, elektabilitas Gusti Bhre -sapaan akrab Mangkunagoro X– itu lebih tinggi dibandingkan dengan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. 

Survei tersebut dilakukan dari tanggal 28 Juli hingga 5 Agustus 2024. Dengan jumlah sampel sebanyak 735 orang dari data pemilih di Kota Solo.

Dalam survei itu, elektabilitas Gusti Bhre berada di posisi atas sebesar 49,7 persen. Sedangkan di posisi kedua ditempati Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa di angka 37,3 persen. 

Suwardi saat menyampaikan keterangan hasil survei yang dilakukannya, Rabu (14/8). Foto: Fernando Fitusia/apakabar.co.id

“Jumlah sampel terdistribusi di 105 titik lokasi survei. Dimana masing-masing titik respondennya sebanyak tujuh orang,” ungkap Suwardi.

Menurutnya, sampel survei setidaknya memenuhi kriteria margin error lima persen pada signifikasi 95 persen. Hal tersebut berarti kemungkinan akan berbeda lima persen jika sampelnya seluruh pemilih Solo.

“Dari hasil survei ini hanya boleh diyakini kebenarannya 95 persen. Kita juga mengambil acak pemilih di TPS (tempat pemungutan suara) di semua kecamatan di Solo,” beber Suwardi.

Berdasarkan survei, Suwardi menyimpulkan sosok kuat calon wali Kota pada Pilwakot Solo 2024 yakni Gusti Bhre dan Teguh Prakosa.

“Sedangkan sosok kuat Wakil Wali Kota kita mendapatkan nama Hersuprabu, Astrid Widayani, Sekar Tandjung dan Sugeng Riyanto,” tandasnya.

49 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *