News  

PAD Kota Solo Meningkat 2 Kali Lipat

Ketua Kadin Solo (baju biru) Ferry Septha Indrianto , Sekda Kota Solo (batik merah) Budi Murtono saat memberikan keterangan pada awak media Sabtu, (8/6). Foto: apakabar.co.id/Fernando Fitusia

apakabar.co.id, SOLO – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Solo meningkat 2 kali lipat pada Mei 2024 kemarin.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budi Murtono mengatakan bahwa hal tersebut terjadi usai adanya event Solo Great Sale (SGS) ke 10.

Apalagi waktu pelaksanaannya juga berdekatan dengan event Dekranas dan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK yang dihadiri Ibu Iriana Joko Widodo.

“SGS ke 10 kali ini agak berbeda. Biasanya low sesion kalau ini kemarin baru rame-ramenya pengunjung. Ini inovasi dan sangat mengapresiasi menggelar sebuah event SGS di tengah suasana berbeda,” ungkap Budi Murtono, Sabtu, (8/6).

Budi Murtono menjelaskan bahwa PAD tersebut berasal dari pajak hotel dan juga pajak restoran.

“Kalau tidak ada event, pendapatan kita dari pajak resto dan hotel bisa kita lihat rata-rata 7 miliar. Ternyata kemarin data yang kita dapat kenaikannya 2 kali lipat menjadi 14 miliar,” sambungnya.

Ke depan Budi Murtono menyarankan agar dapat membangun bersama peluang membuat event bersama daerah sekitar.

“Kalau buat event di Solo harus punya timing panjang 3 hari ke atas. Karena akan mendatangkan wisatawan. Jadi bukan hanya Solo, harus kolaborasi ke daerah sekitar menjadi Soloraya Great Sale,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Solo, Ferry Septha Indrianto memaparkan potensi luar biasa Kota Solo melalui kegiatan Solo Great Sale berdampak mendorong perekonomian.

Apalagi Kadin mendatangkan 97 direksi se Jawa Tengah dari berbagai instansi untuk mendorong pelaksanaan kemitraan antara perusahaan PMA/PMDN dengan UMKM di daerah.

“Kadin Surakarta mampu menghasilkan 66 kerjasama antara business to business oleh pemilik tempat wisata, hotel, dan pusat perbelanjaan dengan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Selain itu gelaran Solo Great Sale 2024 memiliki jumlah pelaku usaha mencapai 23.196, dan 201.375 user pada aplikasi.

Kemudian untuk pariwisata sendiri terdapat 170.399 penumpang kereta api yang memanfaatkan diskon 10%.

Sekaligus mendapatkan poin undian dalam rangka Solo Great Sale berlangsung.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa Kadin Surakarta melalui acara Solo Great Sale mampu memberikan dampak signifikan di pintu investasi, ekonomi kreatif, dan pariwisata di Surakarta.

“Kegiatan ini akan tetap terus diupayakan untuk diselenggarakan selepas Solo Great Sale 2024 selesai pada awal Juni ini. Seperti di bidang sport tourism (Solo Berlari), perdagangan (Peken to Peken), dan pariwisata (Helitour),” pungkasnya.

 

19 kali dilihat, 1 kunjungan hari ini
Editor: Raikhul Amar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *