apakabar.co.id, JAKARTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) baru saja merilis Mitsubishi Xforce Ultimate DS di ajang GJAW 2024, November lalu.
Sebagai varian tertinggi dari keluarga Xforce, Compact SUV ini sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan bernama Diamond Sense.
Xforce Ultimate DS yang bermain di segmen SUV kompak 5-seater, berhadapan langsung dengan Honda HR-V dan Yaris Cross yang sudah menghadirkan versi hybrid.
Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan konsumen di Tanah Air, Mitsubishi Motors berencana menghadirkan varian hybrid dari Mitsubishi Xforce.
Selain itu, potensi hadirnya Xforce hybrid juga mencerminkan komitmen Mitsubishi Motors terhadap tren elektrifikasi yang terus berkembang di Indonesia.
Presiden Direktur MMKSI, Atsushi Kurita menegaskan bahwa pasar segmen SUV B saat ini semakin ketat dengan banyaknya kompetitor dari berbagai merek otomotif.
“Oleh karena itu, pengembangan Xforce hybrid menjadi salah satu strategi yang tengah pertimbangkan secara serius,” kata Kurita dalam acara Xforce Media City Adventure di Pulomas, Jakarta Utara, Selasa (14/1).
Mengenai pasar di segmen SUV B, Kurita mengakui, saat ini sudah semakin banyak kompetitor yang hadir tak hanya dari merek-merek otomotif asal Jepang, tapi juga dari merek-merek Cina. “Ini membuat pasarnya semakin lama semakin ketat,” imbuhnya.
Lebih lanjut, kehadiran Xforce hybrid juga karena adanya kebijakan pemerintah yang memberikan insentif pajak untuk mobil hibrida. Ini lah yang semakin membuat kendaraan elektrifikasi ini menarik di mata konsumen.
“Kami mempertimbangkan (Xforce hybrid) secara serius. Tahun lalu pemerintah mengumumkan reduksi pajak untuk mobil hybrid sehingga mobil hybrid semakin atraktif bagi konsumen,” terangnya.
Kurita menambahkan, bahwa strategi Mitsubishi Motors di pasar otomotif Indonesia tidak hanya bertumpu pada satu model, melainkan kombinasi dari berbagai lini produk.
“Kami punya lini produk bervariasi, mulai dari Xpander sampai dengan Pajero Sport. Dengan model-model ini, kami mencoba memenuhi kebutuhan dari beragam konsumen,” ungkapnya.
Namun, untuk menghadapi kompetisi yang semakin ketat, Mitsubishi akan terus memperkuat lini moddl Xforce, termasuk kemungkinan menambah varian baru di masa depan.
Kurita menegaskan bahwa pihaknya akan terus berinovasi untuk memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia.
Varian hybrid dari Xforce berpotensi menjadi jawaban Mitsubishi Motors terhadap tren kendaraan ramah lingkungan sekaligus kebutuhan akan efisiensi bahan bakar.
“Target kami adalah memberikan diferensiasi dari kualitas layanan, baik layanan penjualan maupun purnajual, agar semakin dekat dengan pelanggan dan memberikan layanan yang berbeda,” tandasnya.
Jika terealisasi, XForce hibrid diperkirakan akan memperkuat posisi Mitsubishi di pasar SUV Indonesia sekaligus memberikan solusi mobilitas yang lebih efisien dan ramah lingkungan bagi konsumen
Mitsubishi Xforce sendiri diluncurkan Mitsubishi Motors pada Agustus 2023, bersamaan pameran GIIAS 2023 di ICE BAD City, Tangerang.
Mitsubishi Xforce kini hadir dalam tiga varian yakni Exceed CVT, Ultimate CVT, dan Ultimate DS.
Sejak peluncuran sekitar dua tahun lalu, Xforce berhasil membukukan penjualan kumulatif sekitar 10.000 unit.
Director of Sales & Marketing Division MMKSI, Yoshio Igarashi menyampaikan bahwa dengan kehadiran varian baru Xforce Ultimate DS, penjualannya naik antara 10-20 persen dari total penjualan.
Selain peningkatan tiap bulan, ia mengungkapkan, total penjualan Xforce yang meluncur di GJAW 2024 secara wholesales mencapai 1.000 unit per bulan.
“SPK Xforce dan total penjualannya termasuk daerah-daerah utama itu sekitar 1.000 unit per bulan. Sementara penjualan ritel 700 unit per bulan,” tuturnya.