apakabar.co.id, JAKARTA – Kinerja penjualan Suzuki Indonesia pada Mei 2024 meningkat sebesar 22 persen yang ditopang tiga modelnya, yakni New XL7 Hybrid, All New Ertiga, dan Baleno.
Bahkan, penjualan model hybrid mampu mendominasi sebesar 35 persen dari total penjualan mobil penumpang Suzuki di periode yang sama.
Sementara, segmen kendaraan komersil juga memberikan angka positif sebesar 52 persen dari penjualan Suzuki secara keseluruhan.
Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Randy R. Murdoko mengatakan persaingan pasar yang sehat dan kompetitif ini memacu pihaknya untuk menyesuaikan strategi penjualan dengan kebutuhan pelanggan.
Menurutnya, pasar otomotif di Indonesia kini semakin menarik dengan makin maraknya pemain di industri ini.
“Kami semakin tertantang untuk menyesuaikan strategi penjualan dan pelayanan kami sehingga dapat terus menjaga kepuasan maksimal pelanggan setia kami,” ujar Randy dalam siaran tertulisnya, Rabu (26/6).
Dilihat per model yang terjual, New XL7 memimpin penjualan mobil passenger dengan peningkatan 28 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya, dengan komposisi hybrid 61 persen.
Selain itu, di kategori Medium SUV, XL7 mengalami peningkatan market share sebesar 6 persen.
Masih menjadi primadona, penjualan All New Ertiga didominasi oleh varian hybrid sebesar 70 persen dari total penjualan Ertiga.
Dari catatan penjualan ini, kendaraan hybrid mendominasi sebesar 43 persen dari total keseluruhan penjualan kendaraan penumpang Suzuki.
Setelah Ertiga, kontributor ketiga adalah Baleno yang mampu menorehkan peningkatan sebesar 57 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya.
Baleno juga memimpin market share tertinggi yaitu sebesar 65 persen di kategori sedan hatchback Indonesia pada Mei 2024.
Kemudian Grand Vitara juga mengalami peningkatan retail bulanan sebesar 80 persen dibandingkan bulan sebelumnya.
Sementara komposisi penjualan mobil komersil turut mengalami peningkatan penjualan hingga 26 persen jika dibanding bulan sebelumnya.