Penjualan Fleet Tembus 15 Ribu Unit, Suzuki Pamer New Carry dan APV di IIMS 2025

Penjualan Suzuki di segmen fleet tercatat sebanyak 15 ribu unit pada 2024 lalu dengan didominasi oleh New Carry - apakabar.co.id
Penjualan Suzuki di segmen fleet tercatat sebanyak 15 ribu unit pada 2024 lalu dengan didominasi oleh New Carry. Foto: apakabar.co.id/DF

apakabar.co.id, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales menawarkan berbagai layanan menyeluruh termasuk menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Baik itu konsumen perorangan atau ritel, maupun pelanggan fleet (perusahaan dan pemerintahan).

Meski sama-sama menguntungkan, namun dalam beberapa tahun terakhir, pelanggan fleet Suzuki mampu menyokong total keseluruhan penjualan mereka.

Untuk pelanggan fleet, Suzuki Indonesia terus mengincar pertunbuhan yang positif dengan strategi yang menarik agar pelanggan fleet semakin meningkat tiap tahunnya.

Head of Fleet Sales 4W PT SIS, Aliftia Rizki Annisa menjelaskan bahwa Suzuki Indonesia berhasil menjual hampir 15 ribu unit sepanjang 2024 lalu yang dipasok ke konsumen fleet.

“Sepanjang 2024, penjualan fleet kami hampir mencapai 15 ribu unit, di mana angka tersebut berkontribusi 21 persen terhadap penjualan ritel keseluruhan Suzuki,” kata perempuan yang akrab disapa Ica kepada apakabar.co.id, di IIMS 2025, JiExpo Kemayoran, Rabu (19/2).

Menurut dia, program penjualan di segmen fleet ini, diakui menjadi daya tarik tersendiri oleh beberapa konsumen pelaku usaha maupun pengusaha di Indonesia.

Pasalnya, setiap perusahaan pastinya membutuhkan kendaraan operasional. Dengan adanya program penjualan fleet ini pastinya setiap perusahaan dapat menekan anggaran kendaraan operasional.

“Penjualan fleet ini sangat diminati oleh pelaku usaha dan pengusaha di Indonesia, terutama di Jabodetabek yang menjadi kontributor utama dengan porsi 41 persen,” jelasnya.

Selain itu, permintaan juga tinggi di berbagai daerah lain seperti Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, serta Jawa Tengah.

Adapun, untuk produk kendaraanya, Ica menyebut, produk Suzuki pNew Carry masih mendominasi penjualan di segmen Fleet tersebut.

Sementara, untuk sisanya diikuti dengan beberapa model lainnya seperti APV, New XL7 serta All New Ertiga (didominasi model hybrid).

“New Carry mendominasi dengan porsi terbesar 46 persen, diikuti oleh APV 19 persen. Sementara, di segmen mobil penumpang New XL7 memimpin dengan 15 persen, dan All New Ertiga 13 persen,” kata dia.

Strategi  Suzuki Gaet Pelanggan Fleet

Untuk terus dapat meningkatkan kinerja penjualan fleet pada tahun ini, Suzuki Indonesia telah menyiapkan sejumlah strategi yang bisa menggaet pelanggan kelas corporate tersebut.

”Strategi kami adalah mendekati pelanggan fleet dari pemerintahan (government). Seperti kita tahu sekarang ada program MBG (Makanan Bergizi Gratis). Kita masuk batch tiga dengan proyeksi dapat 600 unit pemesanan New Carry Box,” ungkapnya.

Selain pemerintahan, pihaknya juga melakukan cara yang cukup unik untuk bisa menggaet pelanggan fleet yang bisa meningkatkan kinerja di tahun ini.

”Kami akan membentuk tim yang dinamakan tim Luxury Angel dengan penambahan skill dan pengetahuan untuk bisa menggaet para pelanggan fleet,” tuturnya.

Menurutnya, hal ini dilakukan agar bisa menangani lebih jauh dan fokus terhadap konsumen fleet di sektor perbankan dan kementerian.

”Jadi kita fokus setiap hari melakukan maping ke perusahaan-perusahaan fleet terutama perbankan dan kementerian. Dengan adanya strategi itu, mudah-mudahan bisa meningkatkan penjualan Suzuki,” imbuhnya.

Tentunya, lanjut dia, Suzuki Indonesia juga akan terus memasang target pertumbuhan penjualan dari tahun sebelumnya terhadap program fleet tersebut.

“Untuk tahun ini, target penjualan fleet bisa naik 10 persen dari pencapaian tahun lalu yang bisa jualan 15 ribu unit,” pungkas Ica.

Suzuki Bawa Lini Kendaraan Lengkap di IIMS 2025

Suzuki APV turut dipamerkan di ajang IIMS 2025 - apakabar.co.id
Suzuki APV turut dipamerkan di ajang IIMS 2025. Foto: apakabar.co.id/DF

Dalam ajang IIMS 2025, Suzuki Indonesia menampilkan semua lini kendaraan unggulannya di booth mereka yang terletak di IIMS 2025.

Yang menjadi menarik perhatian adalah mejengnya APV mendampingi New Carry. Kedua mobil yang menjadi andalan para pelanggan fleet ini bikin heboh pengunjung.

Sebab, para pengunjung dan pencinta otomotif menganggap Suzuki APV sudah tidak diproduksi lagi.

”APV kami buatan Cikarang ini sampai sekarang masih diproduksi. Penjualannya mencapai 50-100 unit per bulan,” ungkap 4W Marketing Director PT SIS, Harold Donnel dalam kesempatan wawancara beberapa waktu lalu di IIMS 2025.

Selain kedua mobil tersebut, pabrikan asal Jepang ini juga turut menghadirkan kendaraan ramah lingkungan atau hybrid.

Mulai dari All New XL7, All New Ertiga, dan Grand Vitara. Di segmen mobil ICE ada Baleno Hatcback, Espresso dan mobil legendaris 4×4, Jimny.

 

7,840 kali dilihat, 2 kunjungan hari ini
Editor: Denny Firmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *