apakabar.co.id, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mencatatkan kenaikan penjualan dari dealer ke konsumen (retail) sebesar 9 persen di Juli 2024 lalu.
Kategori kendaraan penumpang maupun komersial sama-sama mengalami eskalasi sebesar 8 persen dan 11 perse jika dibandingkan Juni 2024.
Menariknya, persentase penambahan tertinggi didapatkan oleh Baleno, yang kemudian disusul oleh New XL7 serta model lainnya.
Randy R. Murdoko, Dept. Head of 4W Sales PT SIS menyampaikan bahwa kondisi tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti kebutuhan dan juga kepercayaan.
Menurutnya, pertengahan tahun seperti ini biasanya dipenuhi berbagai aktivitas serta mobilitas perkotaan layaknya bekerja, menjalankan usaha ataupun mengantar sekolah.
“Kami menyadari Baleno menjadi jawaban paling tepat bagi kalangan aktif tersebut dengan tingginya value yang bisa dimiliki secara lebih terjangkau,” ucap Randy mslalui siaran resminya, Kamis (15/8).
Di sisi lain, untuk model hybrid, tercatat berkontribusi sebesar 43 persen dari seluruh penjualan mobil penumpang Suzuki selama Juli 2024,” lanjutnya.
Hatchback bermesin 1.500cc, Baleno, sanggup menorehkan peningkatan penjualan retail sebesar 40 persen sekaligus mendominasi di segmennya.
Sedangkan New XL7 turut membantu peningkatan sebanyak 20 persen, yang mana 65 persen didominasi oleh varian hybrid.
Kemudian, kinerja pada Juli pabrikan yang bermarkas di Pulogadung itu dikuatkan oleh Grand Vitara sebesar 14 persen dan S-Presso 13 persen.
Di sisi lain, penjualan mobil hybrid Suzuki juga turut terangkat 18 persen dengan pertumbuhan terbesar dari New XL7 Hybrid yaitu 32 persen, serta Grand Vitara 14 persen.
Beralih pada kategori komersial, New Carry yang menjadi andalan para pelaku usaha Indonesia memperoleh pertumbuhan 11 persen di Juli 2024.