apakabar.co.id, JAKARTA – Toyota All New Hilux Rangga resmi dipasarkan dengan harga mulai dari Rp188 jutaan (gasoline) hingga Rp304 jutaan on the road (OTR) Jakarta.
Mobil yang digadang-gadang menjadi penerus Kijang pick-up ini menjadi solusi mobilitas baru yang serbaguna dan andal.
Chief Engineer All New Hilux Rangga, Jurachart Jongusuk menerangkan bahwa pihaknya berusaha meningkatkan mobilitas yang tidak hanya untuk mempermudah mobilisasi, tapi juga memberdayakan dan memberikan dampak positif untuk kehidupan.
Menurut dia, Toyota menciptakan All New Hilux Rangga sebagai kendaraan niaga serbaguna yang gesit, andal, dan memiliki fleksibilitas tinggi untuk mendukung kebutuhan bisnis maupun pribadi.
“Sesuai kebutuhan jangka panjang, desainnya dapat diperluas untuk memastikan mobil ini dapat berkembang sesuai kebutuhan,” ujar Jurachart saat peluncuran Hilux Rangga di Jakarta, Selasa (15/10).
Rangga menggunakan platform IMV yang terbukti kuat dan tangguh pada Hilux, Fortuner, dan Kijang Innova.
Melalui proyek IMV-0, Toyota menegaskan kembali ke asal mula menciptakan pick-up serbaguna yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dan membuka peluang baru.
Berbicara penampilan, Hilux Rangga hadir dengan ruang kabin yang lebih lapang dan nyaman, sekaligus lebih aman berkat adanya bonnet di depan mobil.
Tidak seperti kebanyakan mobil niaga, posisi duduk pengemudi tidak berada di atas sumbu roda.
Alhasil mobil lebih nyaman karena minim guncangan dan lebih senyap lantaran berkurangnya suara mesin, kemudi, dan suspensi.
Mobil niaga ringan ini hadir dengan dua pilihan mesin, yaitu mesin bensin 1TR-FE 2.000 cc yang lebih senyap dan mesin diesel 2GD-FTV 2.400 cc yang bertenaga.
Transmisi manual 5-speed memastikan ketangguhan di berbagai kondisi jalan, sementara transmisi otomatis 6-speed cocok untuk mobilitas perkotaan dan jarak jauh.
Desain kabin dan posisi duduk yang ergonomis memastikan kenyamanan pengemudi, sehingga bisa bekerja lebih produktif dan nyaman.
Walhasil, para pebisnis dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien, aman, serta berkontribusi pada operasional yang lebih optimal.
Bagian dashboard juga di desain lebih modern dan fungsional, serta dilengkapi berbagai fitur yang kian mendukung aktivitas pengemudi.
Posisi sistem kemudi rack and pinion seperti mobil penumpang, dipermudah oleh tilt steering dan power steering untuk mendukung kemudahan berkendara ketika putar arah dengan radius putar hanya 4,9 meter.
All New Hilux Rangga memiliki panjang dek 2.305 mm dan lebar 1.700 mm, serta dek barang dibuat rata.
Kendaraan niaga ini memiliki payload 1,2 ton, lebih dari cukup untuk mengangkut 56 galon air mineral.
Pilihan 3 Way Deck juga semakin mendukung produktivitas untuk aktivitas bongkar-muat barang yang lebih cepat, ergonomis, dan tanpa kendala.
Pertama di kelasnya, All New Hilux Rangga memiliki roof rack mounting point di atas kabin dengan payload 75 kg.
Terdapat juga 8 hook pada tutup bak kiri dan kanan, serta 4 hook di pintu belakang, untuk mengikat barang bawaan. Fungsionalitas tinggi ini terbilang baru untuk ukuran mobil pikap.
Mobil ini hadir dengan desain yang lebih powerful dan agresif, dengan tampilan luar yang ikonik bergaya retro modern.
Tulisan TOYOTA pada grille dan bak belakang juga memberikan kesan lebih outstanding.
Dengan tampil menonjol, mobil niaga ini merupakan cermin profesionalitas perusahaan dalam menjalankan bisnis.
Safety menjadi salah satu concern utama Toyota dalam mengembangkan kendaraan niaga Hilux Rangga.
Kendaraan ini juga dilengkapi fitur safety seperti, 3-points seatbelt, airbags, immobilizer, side body under run, cabin protector.
Dilengkapi pula fitur ABS+EBD pada rem cakram 14 inci di depan dan rem tromol yang andal di belakang. Selain itu, adanya bonnet juga mampu meredam tabrakan frontal.
Fitur canggih Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control (TRC) turut menjadi standar di tipe High Diesel A/T.
Fitur ini membantu pengemudi mengendalikan kendaraan di jalan sulit, ketika hujan, atau saat membawa muatan berat.
Setiap mobil niaga Toyota mengadopsi value Quality, Durability, and Reliability (QDR) yang tinggi.
Menggunakan mesin, sasis, dan drivetrain (termasuk transmisi, propeller shaft, dan gardan) yang sama dengan Hilux, memastikan kemampuannya melaju di berbagai medan dengan daya tahan yang sudah terjamin.
All New Hilux Rangga Hadir dengan TCO yang Lengkap
Untuk meningkatkan penampilannya, All New Hilux Rangga memiliki berbagai opsi Toyota Customization Option (TCO) yang mencakup beberapa jenis aksesori sesuai kebutuhan pelanggan, dan bergaransi.
Yaitu Outer Mirror Cover, Front Corner Sensor, Cover Glove Box, Bed Liner, IP Garnish, Side Visor, dan Sporty Shift Knob, serta teknologi telematika G Fleet.
Vice President Director PT ToyotaAstra Motor (TAM), Henry Tanoto mengatakan terdapat 10 opsi line-up All New Hilux Rangga, dengan 2 line up konversi Toyota.
“Spektrum fungsi Hilux Rangga menjadi sangat luas dan multiguna, baik untuk bisnis, layanan publik, hingga hobi dan utilitas harian,” ucapnya.
“Dengan harga mulai dari Rp188 jutaan untuk mesin bensin dan Rp244 jutaan untuk mesin diesel, Hilux Rangga merupakan partner terbaik dalam mewujudkan potensi yang lebih besar, baik dalam bisnis maupun kehidupan sehari-hari,” lanjutnya.
Untuk mengkonvrsi Hilux Rangga, Toyota telah berkolaborasi dengan lebih dari 70 body builder atau karoseri lokal di berbagai wilayah di Indonesia.
Beberapa di antara karoseri tersebut sudah berkolaborasi sejak generasi awal Kijang Pick-Up.
Setiap karoseri memiliki spesialisasi dan segmentasinya masing-masing untuk mendorong pertumbuhan industri karoseri lokal.