apakabar.co.id, JAKARTA – PT Suzuki Indomobil Sales sukses mencatatkan peningkatan penjualan ritel (dari diler ke konsumen) sebesar 10 persen pada Desember 2024 dibanding November 2024.
Kenaikan ini didukung oleh kontribusi dari 5 model favorit konsumen yang konsisten memenuhi kebutuhan utama, sekaligus mempertegas posisi Suzuki sebagai merek otomotif pilihan keluarga Indonesia.
Department Head of 4W Sales SIS, Randy R. Murdoko mengatakan, selain menutup penjualan tahunan, bulan ini juga menunjukkan tren peningkatan signifikan.
“Kombinasi kebutuhan konsumen akan kendaraan dengan memanfaatkan bonus akhir tahun, liburan panjang, serta banyaknya promo, membuat kami mencapai peningkatan penjualan ritel secara positif,” ujar Randy dalam siaran resminya, Senin (13/1).
Pada Desember 2024, Suzuki All New Ertiga mencatat peningkatan penjualan sebesar 37 persen dibanding bulan sebelumnya.
Sementara, New XL7 pun mengalami lonjakan penjualan ritel sebesar 20 persen dibanding bulan sebelumnya, serta pertumbuhan tahunan mencapai 11 persen.
Kemudian untuk model Grand Vitara secara impresif, penjualan ritelnya naik 23 persen dibanding bulan sebelumnya, serta mencatat peningkatan tahunan hingga 89 persen.
Tidak hanya model di atas saja, Suzuki Baleno penjualannya mencatat pertumbuhan tahunan sebesar 42 persen.
Sementara SUV legendaris, Suzuki Jimny tak kalah cemerlang. Dibantu pula oleh Jimny 5-door yang hadir pada 2024 melengkapi varian 3-door sebelumnya.
Dengan peningkatan penjualan ritel 169 persen dibandingkan tahun lalu, Jimny tidak hanya menarik perhatian pecinta petualangan, tetapi juga memperkuat posisi Suzuki sebagai pemain utama di segmen SUV ikonik.
Hybrid varian: Pilihan ideal dan realistis
Di tengah tren kendaraan ramah lingkungan, Suzuki terus memperkuat eksistensi pada segmen hybrid.
Akumulasi penjualan ritel All New Ertiga Hybrid, New XL7 Hybrid dan Grand Vitara mendominasi keseluruhan kendaraan penumpang Suzuki sebesar 58 persen selama Desember 2024.
Dilengkapi teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), varian hybrid ini mengedepankan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performa.
Menurut Randy, pencapaian penjualan menjadi pijakan solid bagi Suzuki untuk terus menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan gaya hidup konsumen Indonesia, sembari memperluas jangkauan pasar hybrid.
“Kami yakin tren positif serupa akan berlanjut hingga 2025. Menggunakan dasar ini, Suzuki siap menghadapi tantangan baru dan memperkuat posisinya di segmen MPV maupun SUV Indonesia,” tutup Randy.